Palembang Jadi Role Model Penataan Kawasan Kota

Kota Palembang akan dijadikan role model penataan kawasan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  14:20 WIB
Palembang Jadi Role Model Penataan Kawasan Kota
Jembatan Musi IV yang menghubungkan Jalan Slamet Riyadi di Seberang Ilir dan Jalan K.H Azhari di Seberang Ulu Kota Palembang. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Kota Palembang akan dijadikan role model penataan kawasan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Kementerian PUPR, Irwan Kusuma, mengatakan pemilihan Kota Palembang sebagai role model penataan awasan, tak lepas dari program restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang digagas oleh walikota Palembang.

"Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang akan dibangun mulai 2020 akan menjadi role model bagi seluruh daerah di Indonesia, di mana Palembang berhasil mengatasi kawasan kumuh menjadi destinasi wisata berkelas,” katanya di Palembang akhir pekan lalu.

Selain itu, Irwan mengatakan nantinya akan dibangun rumah bagi korban kebakaran di Kawasan Kertapati.

"Revitalisasi 113 rumah serta penataan kawasan di kawasan kebakaran kertapati akan dilaksanakan, kawasan tersebut akan kita tata ulang menjadi kawasan yang sehat" Ujarnya.

Sementara Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik keinginan pemerintah pusat untuk menjadikan Palembang sebagai role model.

"Ini visi kita, menjadikan Palembang sebagai Venesia dari Timur akan terwujud, setelah restorasi Sungai Sekanak Lambidaro ini selesai, Palembang akan menjadi kota paling cantik, dengan wisata sungai sebagai destinasi utamanya,” paparnya.

Harnojoyo mengatakan, pembangunan fisik sendiri akan dilakukan pada 2020 mendatang.  Tender akan dimulai paling lambat bulan Desember 2019.

“Pembangunan akan dimulai pada 2020, mudah-mudahan tidak ada kendala berarti dalam penyelesaian proyek tersebut,” katanya.

Seperti diketahui, restorasi Sungai Sekanak Lambidaro merupakan program untuk merestorasi kawasan sungai sekanak lambidaro, yang nantinya akan kembali difungsikan sebagai kawasan wisata dan juga transportasi.

Harnojoyo mengatakan, selain program restorasi Sungai Sekanak Lambidaro, akan diprogramkan pembangunan perumahan komunitas.

"seperti komunitas pejuang subuh, komunitas penyapu jalan, komunitas pembersih sungai dan saluran air dan komunitas pemeliharaan jalan, yang kita sentralkan dalam satu kawasan" ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, tata kota

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top