Pemkot Palembang Kenalkan Program Unggulan di Musrenbangnas 2019

Pemerintah Kota Palembang mengenalkan program unggulan berupa gotong-royong dan shalat subuh berjemaah ke forum nasional melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional atau Musrenbangnas 2019.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  16:20 WIB
Pemkot Palembang Kenalkan Program Unggulan di Musrenbangnas 2019
Foto udara Jembatan Ampera dan rel Lintas Raya Terpadu (LRT) di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (2/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang mengenalkan program unggulan berupa gotong-royong dan shalat subuh berjemaah ke forum nasional melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional atau Musrenbangnas 2019.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Harrey Hadi, mengatakan pihaknya telah mengusulkan perencanaan program di berbagai bidang, termasuk pula dalam pengembangan SDM melalui shalat subuh berjemaah dan gotong royong.

“Dua program itu jadi indikator kinerja utama dalam RPJMD Palembang 2018-2023, yang tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2019. Masuk dalam aspek lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, juga program pembinaan mental dan kerohanian,” katanya dalam keterangan pers terkait Musrenbangnas di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Harrey mengatakan pihaknya optimistis usulan program pembangunan Pemkot Palembang pada Musrenbangnas ini akan diakomodir pemerintah pusat.

“Usulan program kita realistis dan jadi kewenangan pemerintah nasional, selain program prioritas pemerintah daerah,” katanya.

Terkait program Pemkot, dia melanjutkan, titik tekannya pada pembangunan 2020, yakni infrastruktur yang merata dan berkeadilan.

Dan fokus pemkot tersebut, kata Harrey, sejalan dengan tema yang diusung pemerintah pusat pada Musrenbangnas kali ini.

"Tinggal lagi kita mensinergikan mana yang Jadi tanggung jawab pemerintah kabupaten, kota, dan mana yang jadi tanggung jawab pemerintah nasional.  Pendanaan yang nasional melalui APBN, dana alokasi khusus dan dana lainnya. Program yang kita usulkan adalah program strategis yang didanai APBN,” ujarnya.

Program strategis itu, misalnya program pembangunan jalan, penanganan sampah, penataan kawasan kumuh, pariwisata sungai dalam program Sekanak-Lambidaro.

Musrenbangnas yang berlangsung di Jakarta dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Hadir di acara tersebut Walikota Palembang Harnojoyo dan didampingi Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, serta mayoritas kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, musrenbang

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top