Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekanbaru & Jambi Masuk Embarkasi Antara di Batam

Penyepenggara haji embarkasi Batam akan melayani sebanyak 29 kloter jamaah calon haji (JCH) dari empat provins. Yakni Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Barat (Kalbar), Pekanbaru, dan Jambi.
Ilustrasi Kesibukan jamaah haji/Istimewa
Ilustrasi Kesibukan jamaah haji/Istimewa

Bisnis.com, BATAM--Penyepenggara haji embarkasi Batam akan melayani sebanyak 29 kloter jamaah calon haji (JCH) dari empat provins. Yakni Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Barat (Kalbar), Pekanbaru, dan Jambi.

Dari empat provinsi tersebut, Provinsi Pekanbaru dan Jambi akan menjadi embarkasi antara atau embarkasi yang JCH tidak melalui proses di asrama di asrama haji Batam. Mereka telah melalui hal tersebut di daerah asal provinsi masing-masing dan tinggal berganti pesawat untuk melanjutkan penerbangan menuju tanah suci.

Embarkasi antara ini, kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkarnain Umar, terdiri atas 12 kloter dari dua provinsi tersebut. 

"Jadi setibanya di Batam kloter embarkasi antara ini akan langsung diberangkatkan ke tanah suci, tanpa menginap lagi di Batam," kata Zulkarnain.

Sementara itu 17 kloter lain dari embarkasi Batam yang berasal dari Provinsi Kepri dan Kalbar, akan lebih dulu menginap di Asrama Haji Batam, Batam Centre, Batam, sebelum berangkat menuju Mekah.

Zulkarnain menjelaskan, mulai 5 Juli 2019 mendatang JCH sudah mulai menginap di Asrama Haji Batam, sehari setelahnya jamaah embarkasi Batam sudah mulai berangkat menuju tanah suci.

Sejauh ini, kata Zulkarnain lagi, Kemenag Kota Batam telah menyiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 ini. Sebanyak 100 anggota PPIH dilantik secara resmi oleh Direktur Pembinaan Haji dalam Negeri, Muhajirin Yanis, di Hotel Pusat Informasj Haji (PIH) Batam Center, Batam, pada Rabu (26/6) lalu. 

Dari 100 PPIH tersebut, sebanyak 20 orang dilantik dengan SK Dirjen Penyelengaraan Haji dan Umroh. Sedangkan 80 orang PPIH sisanya dari SK Kanwil Kemenag Provinsi Kepri. "Ada PPIH yang dari SK pusat, ada juga yang dari Kepri, tapi lebih banyak yang dari Kepri," tutur Zulkarnain lagi.

Anggota PPIH ini, akan langsung mulai berkegiatan pada awal Juli mendatang, tepatnya pada 4 Juli 2019. Sesuai dengan jadwal semula, anggota PPIH ini akan mulai mempersiapkan JCH yang sudah masuk asrama haji mulai 5 Juli 2019.

Untuk Kota Batam sendiri, JCH yang akan berangkat pada musim haji 2019 ini sebanyak 676 jamaah. Mereka akan dibagi menjadi tiga kloter, yakni kloter pertama, kloter ke-17 dan kloter ke-28

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper