Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Masuk Musim Kemarau Waspada Karhutla

BMKG menganalisa bahwa wilayah Sumatra Selatan sudah masuk musim kemarau yang ditandai aktifnya Angin Muson Timur.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menganalisa bahwa wilayah Sumatra Selatan sudah masuk musim kemarau yang ditandai aktifnya Angin Muson Timur.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bandara SMB II Palembang, Bambang Beni Setiadji, mengatakan pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan.

“Sebaiknya masyarakat waspada untuk tidak melakukan pembakaran lahan, meminimalkan aktifitas di luar ruangan pada siang hari dan menkonsumsi air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi,” katanya, Kamis (9/5/2019).

Dia menjelaskan indikator kemarau terlihat dari arah angin permukaan yang terjadi umumnya dari tenggara, minimnya pasokan uap air dan kecepatan angin lapisan atas yang tinggi sehingga menghambat pertumbuhan awan.

“Akibatnya temperatur udara akan terasa menjadi lebih gerah. Secara normal di Sumsel curah hujan dan dan kelembapan akan menurun hingga puncak minimum pada Bulan Agustus dan September,” katanya.

Seiring aktifnya aktivitas di Samudera Pasifik yakni El Nino dan diperkirakan berpotensi hingga akhir Tahun 2019 akan menyebabkan minimnya pasokan uap air di wilayah Indonesia dan Indonesia bagian timur khususnya.

Walaupun secara Global tidak hanya El Nino yang mempengaruhi kondisi cuaca di Sumsel misalnya adanya Osilasi Madden Jullian (MJO/ Madden Jullian Oscillation) dan Dipol Samudera Hindia (IOD/Indian Ocean Dipole) yang juga bisa menyebabkan potensi terjadinya hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper