Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Mobil Baru di Palembang Tumbuh Positif

Bisnis pembiayaan mobil baru di Kota Palembang diyakini tumbuh positif di tengah fluktuasi harga komoditas perkebunan yang menjadi penggerak perekonomian daerah tersebut.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG – Bisnis pembiayaan mobil baru di Kota Palembang diyakini tumbuh positif di tengah fluktuasi harga komoditas perkebunan yang menjadi penggerak perekonomian daerah tersebut.

Kepala Region II PT Mandiri Tunas Finance (MTF), Dadan S, mengatakan pihaknya mencatat bisnis pembiayaan yang didominasi untuk mobil baru yang disalurkan pihaknya sudah tumbuh 18% dibanding tahun lalu.

“Tahun ini kami bisa membiayai hampir Rp600 miliar sementara tahun sebelumnya sekitar Rp505 miliar,” katanya di sela pembukaan MTF Autofiesta di Palembang Square Mal, Kamis (19/10/2018) petang.

Dadan mengatakan pembiayaan untuk mobil baru di wilayah Palembang bisa mencapai 400 unit hingga 500 unit per bulan.

Menurut dia, pihaknya menerapkan berbagai strategi untuk meraih pangsa pasar pembiayaan kendaraan bermotor di Palembang.

Selain rutin menggelar agenda seperti pameran, MTF juga memanfaatkan kerjasama dengan induk perusahaan, yakni Bank Mandiri untuk menggaet nasabah perbankan tersebut dalam pembiayaan kredit kendaraan bermotor (KKB).

“Kerjasama dengan Mandiri cukup erat, produk Mandiri bisa berkontribusi 30% terhadap penjualan kami secara regional atau 5 provinsi di Sumatra Bagian Selatan,” katanya.

Sementara secara portofolio perusahaan, regional Sumbagsel yang mencakup Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Lampung dan Bengkulu menyumbang 10% terhadap capaian pembiayaan perusahaan secara nasional.

Sementara itu Direktur Marketing dan Sales MTF, Harjanto Tjitohardjojo, mengatakan pihaknya mematok target pembiayaan senilai Rp25 triliun hingga akhir tahun.

“Kami yakin target tersebut tercapai apalagi dengan dukungan dari daerah-daerah, seperti di Palembang,” katanya.

Berdasarkan catatan perusahaan, hingga kini MTF sudah menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp22 triliun di mana Rp21 triliun merupakan pembiayaan konvensional dan Rp1 triliun melalui skema syariah.

Harjanto menambahkan terjadi tren pertumbuhan signifikan untuk pembiayaan secara syariah, di mana tahun lalu hanya Rp200 miliar atau melonjak 400% dengan menggandeng Bank Syariah Mandiri.

Diketahui, anak usaha Bank Mandiri tersebut memiliki 4 produk pembiayaan.

Selain pembiayaan mobil baru, MTF juga mengembangkan pembiayaan motor besar, kendaraan niaga, alat berat dan multiguna pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper