50 Tahun Saldi Isra : 16 Judul Buku Diluncurkan

Oleh: Heri Faisal 08 November 2018 | 17:55 WIB
50 Tahun Saldi Isra : 16 Judul Buku Diluncurkan
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra saat memberikan sambutan saat acara penyambutan di gedung MK, Jakarta, Selasa (11/4)./Antara-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, PADANG—Sebanyak 16 judul buku yang ditulis oleh hakim konstitusi maupun mantan hakim konstitusi diluncurkan dalam acara peringatan 50 tahun Saldi Isra, di Universitas Andalas (Unand) Padang.

Saldi Isra, Hakim Konstitusi yang diangkat sejak 11 April 2017 ingin meneruskan tradisi menulis buku dan membaca di Mahkamah Konstitusi.

“Hakim itu harus menulis dan membaca. Dulu ini menjadi tradisi. Saya ingin meneruskan tradisi menulis ini,” kata Saldi, saat berpidato dalam peringatan ulang tahun ke 50 dirinya, Kamis (8/11/2018).

Dalam peluncuran buku itu, Saldi meluncurkan lima buah buku yang dia tulis, yaitu “Pemilu dan Pemulihan Daulat Rakyat”, “Pergeseran Fungsi Legislasi”, “Living and Evolving Constitution of Indonesia”, “Konstitusi Untuk Negeri”, dan “Sistem Pemerintahan Indonesia”.

Saldi mengaku memang terbiasa menulis. Dia mengatakan sudah menulis 30 buku, 600-an artikel di media lokal Sumatera Barat maupun nasional, dan 30 jurnal nasional maupun internasional.

“Apapun pekerjaannya, jangan lupakan menulis. Saya usahakan setiap hari menulis, sehabis subuh sebelum berangkat ke kantor,” ujarnya.

Saldi dikenal sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara dari Unand.

Dia menamatkan sarjana dari Fakultas Hukum Unand pada tahun 1995, lalu menyelesaikan S2 di University of Malaya (Malaysia) pada 2001, Doktor dari UGM pada 2009 dan menjadi Guru Besar Hukum Tata Negara Unand sejak 2011.

Dia salah satu penulis produk dan kritis menyangkut persoalan ketatanegaraan, sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono maupun Joko Widodo.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya