Ekonomi Riau Menguat, Tumbuh 2,98%

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan III/2018 mengalami pertumbuhan sebesar 2,98% atau lebih baik dibandingkan triwulan II/2018 yang hanya sebesar 2,38%.
Warga beristirahat di dekat monumen pompa angguk minyak tertua di daerah Minas yang masuk dalam Blok Rokan di Riau, Rabu (1/8/2018)./ANTARA-FB Anggoro
Warga beristirahat di dekat monumen pompa angguk minyak tertua di daerah Minas yang masuk dalam Blok Rokan di Riau, Rabu (1/8/2018)./ANTARA-FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan III/2018 mengalami pertumbuhan sebesar 2,98% atau lebih baik dibandingkan triwulan II/2018 yang hanya sebesar 2,38%.

Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan bila dibandingkan nasional, memang angka pertumbuhan ekonomi Riau masih lebih rendah.
 
"Pertumbuhan ekonomi Riau triwulan III/2018 sebesar 2,98% memang jauh lebih rendah dibandingkan nasional yang sebesar 5,17%," katanya Senin (5/10/2018).
 
Dia menjelaskan bila dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu triwulan II/2018 yang hanya sebesar 2,38%, ekonomi Riau memgalami pertumbuhan 4,22%. Sementara itu bila dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar 2,91%, angka pertumbuhan ekonomi saat ini lebih baik.
 
Di sisi produksi, faktor pendorong tumbuhnya ekonomi Riau terjadi hampir si semua lapangan usaha, kecuali pertambangan dan penggalian. Peningkatan utama terjadi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 7,30%, sedangkan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha jasa keuangan sebesar 7,96%.
 
Sementara dari sisi pengeluaran, pendorong pertumbuhan ekonomi tertinggi berasal dari pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga, tumbuh sebesar 11,96%.
 
Sementara itu ekonomi Riau pada triwulan III/2018 dihitung berdasarkan PDRB atas dasar harga berlaku mencapai Rp196,17 triliun, sementara atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp123,13 triliun.
 
"Secara spasial, kontribusi ekonomi Riau untuk nasional sebesar 5,05% atau provinsi 5 besar PDRB nasional, dan Riau menjadi daerah berkontribusi ekonomi terbesar di luar Pulau Jawa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper