Beredar Surat Dukungan Kepala Daerah di Sumbar untuk Jokowi

Oleh: Heri Faisal 17 September 2018 | 21:14 WIB
Beredar Surat Dukungan Kepala Daerah di Sumbar untuk Jokowi
Bakal Calon Presiden Joko Widodo/ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, PADANG—Surat pernyataan dukungan sejumlah kepala daerah [bupati/walikota] di Sumatra Barat terhadap pasangan calon presiden Joko Widodo beredar saat pelantikan Walikota Sawahlunto di Kantor Gubernur Sumbar.

Informasi yang beredar di lapangan, sebanyak 12 kepala daerah akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi.

Bahkan dari surat pernyatakan dukungan yang beredar itu, sebanyak tujuh kepala daerah sudah membubuhkan tanda tangan.

Mereka adalah, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengakui memang ada tanda tangan berupa dukungan terhadap pemerintahan Jokowi yang dianggap telah berhasil dan berkontribusi memajukan pemerintahan daerah.

Namun, tanda tangan itu belum lengkap, karena baru ditandatangani tujuh kepala daerah dari 12 nama, sehingga tidak dipublikasikan.

“[Membicarakan] Kondisi yang ada sekarang, agar pemilihan nanti berjalan aman, lancar, dan tidak ada masalah,” ujarnya kepada wartawan, Senin (17/9/2018).

Dia mengatakan beberapa kepala daerah, seperti dirinya, memberikan apresiasi kepada pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla yang telah maksimal membantu pembangunan di daerah, sehingga menurutnya kemudahan seperti itu perlu dilanjutkan.

“Contohnya di Bukittinggi, pembangunan Pasar Atas pasca kebakaran, butuh sekitar Rp300 miliar untuk pembangunan. Pusat membantu, dan prosesnya berjalan cepat, kami perlu apresiasi yang begini,” katanya.

Meski begitu, Ramlan menolak jika sejumlah kepala daerah yang di saat bersamaan bertemu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membicarakan deklarasi dukungan kepada pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin.

Adapun, dalam surat yang bocor itu, berisi tiga poin pernyataan dukungan terhadap Presiden Joko Widodo.

Pertama, pemerintah daerah adalah bagian tak terpisahkan dari pemerintah dalam mewujudkan tujuan Negara Kesatuan Repuklik Indonesia yang termaktub dalam UUD 1945.

Kedua, untuk mewujudkan tujuan negara tersebut kami mendukung penuh penyelenggaraan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang kami anggap berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Ketiga, kami juga berharap agar keberhasilan pembangunan ini dapat dilanjutkan kembali oleh Presiden Joko Widodo sehingga dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia khususnya Sumatra Barat.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya