Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi di Batam Capai Rp8,73 Triliun per Semester I/2024

Pemko Batam mencatat realisasi investasi di Batam pada semester I/2024 mencapai Rp 8,73 triliun.
Pelabuhan Batuampar dari view udara./BP Batam
Pelabuhan Batuampar dari view udara./BP Batam

Bisnis.com, BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mencatat realisasi investasi di Batam pada semester I/2024 mencapai Rp8,73 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam, Reza Khadafi mengatakan nilai tersebut merupakan perpaduan dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Reza menyebut ada berbagai macam sektor yang berperan besar dalam menyumbang realisasi investasi di Batam. "Sektor-sektor investasi ini terbagi kepada industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik, dan jam. Selain itu, industri kimia dan farmasi serta industri barang dari kulit dan alas kaki," kata Khadafi, Minggu (15/9/2024) di Batam.

DPMPTSP Kota Batam sendiri berkantor di Mall Pelayanan Publik (MPP), Gedung Sumatera Expo, Batam Center, dan berdampingan dengan PTSP Badan Pengusahaan (BP) Batam. Karena menyadari betapa pentingnya kemudahan perizinan, DPMPTSP Kota Batam menambah jam pelayanan khususnya di hari Sabtu selama setengah hari.

Penambahan layanan diperlukan untuk mempermudah perusahaan-perusahaan serta calon investor untuk mendapat waktu senggang mengurus administrasi perizinan. "Kami berupaya untuk mempermudah proses perizinan sehinga bisa mendukung pertumbuhan investasi di Batam," paparnya.

DPMPTSP Kota Batam juga telah meluncurkan layanan konsultasi digital bernama "Sultan", yang membuat calon investor maupun warga dapat melakukan konsultasi perizinan melalui media sosial dan platform digital tanpa harus datang langsung ke kantor atau MPP.

"Tujuannya untuk mengurangi area abu-abu yang sering terjadi dalam pertemuan tatap muka dan meningkatkan efisiensi proses perizinan," pungkasnya.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper