Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk UMKM Sumut Unjuk Gigi di Pameran Karya Kreatif Indonesia X FEKDI 2024

KPw BI Sumut kembali memfasilitasi sejumlah pelaku UMKM binaannya mengikuti pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2024 di Jakarta Convention Center.
Suasana gelaran KKI X Fekdi di Jakarta Convention Center (JCC)./Bisnis-Delfi
Suasana gelaran KKI X Fekdi di Jakarta Convention Center (JCC)./Bisnis-Delfi

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara (KPw BI Sumut) kembali memfasilitasi sejumlah pelaku UMKM binaannya mengikuti pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Jakarta.

Tercatat ada 18 UMKM dari berbagai sektor yang diajak KPw BI Sumut untuk 'unjuk gigi' dalam gelaran KKI kesembilan ini.

"Ada 18 UMKM binaan kami (KPw BI Sumut) yang ikut dalam KKI X FEKDI (Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia) ini. Yang offline (ikut pameran langsung) ada 8, sisanya online," kata Kepala KPw BI Sumut IGP Wira Kusuma di Jakarta, Minggu (4/8/2024).

Di antara ke-18 itu antara lain Ulos Sianipar dan IR Songket. Keduanya cukup masyhur terkenal di Sumatra Utara sebagai pelaku UMKM yang bergerak di bidang tenun tradisional dengan spesifikasinya masing-masing, yakni Batak (Ulos Sianipar) dan Melayu Deli (IR Songket).

Di samping itu, ada pula produk UMKM sektor kuliner seperti Rujak Kolam, beraneka jenis kopi, hingga hiasan rumah atau home decor seperti anyaman pandan milik Menday Galeri dari Sumatra Utara ikut pameran KKI X FEKDI tahun ini.

Wira mengatakan, UMKM-UMKM yang berpameran di agenda ini adalah mereka yang lolos kurasi ketat dengan produk-produk yang berorientasi ekspor.

Lebih jauh dia menyebut, Sumut mendapat porsi besar dalam event kali ini karena Sumatra Utara menjadi tema besar gelaran KKI x FEKDI 2024.

Wastra-wastra kebanggan Sumut bahkan menghiasi peragaan busana saat pembukaan KKI x FEKDI pada 1 April lalu yang turut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Kali ini kita mendapat kehormatan, tema besar KKI adalah Sumatra Utara. Kemarin ada fashion show di depan presiden, diperagakanlah wastra-wastra Sumatra utara yang diberi nilai tambah atau didesain oleh desainer berkelas, Biyan Wanaatmaja sehingga wastra sumatra utara itu semakin keluar spiritnya," jelas Wira.

Karya Kreatif Indonesia merupakan puncak gelaran Karya Kreatif yang telah digelar oleh masing-masing KPw BI di daerah. Tahun ini, ada 21 daerah se-Indonesia yang menggelar event Karya Kreatif.

Di Sumut, Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU) sendiri digelar KPw BI Sumut pada 3-7 Juli lalu di Medan dengan beragam kegiatan mulai dari talkshow, perlombaan, pameran produk UMKM, hingga pameran investasi daerah.

Adapun di tahun ini event KKI dirangkaikan dengan event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI). FEKDI sendiri telah digelar sejak 2021 lalu oleh Bank Indonesia.

Kurang lebih ada 350 UMKM binaan BI dan mitra yang melakukan pameran offline dari 46 wilayah dengan berbagai jenis produk seperti wastra (ulos, songket, batik); kriya; home decor; aksesoris; kopi; teh; camilan nusantara; hingga kuliner.

Selain untuk mendorong pelaku UMKM agar semakin melek dan masuk ke dunia digital guna meningkatkan daya saing, kolaborasi ini juga diharapkan semakin memperluas jangkauan pasar dari produk-produk UMKM tersebut.

"Mudah-mudahan dengan sinergi yang apik ini Bank Indonesia bisa membantu UMKM di Sumatra Utara biar bisa lebih tampil lagi baik secara nasional maupun global," pungkasnya. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper