Pencairan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Kini Sudah Bisa di Bank Nagari

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan pencairan klaimnya kini sudah bisa melalui PT Bank Nagari.
Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad (empat kiri) bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan usai tanda tangan kerjasama di Kantor Pusat Bank Nagari, di Padang, Sumatra Barat, Kamis (7/12/2023). dok Bank Nagari
Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad (empat kiri) bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan usai tanda tangan kerjasama di Kantor Pusat Bank Nagari, di Padang, Sumatra Barat, Kamis (7/12/2023). dok Bank Nagari

Bisnis.com, PADANG - Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan pencairan klaimnya kini sudah bisa melalui PT Bank Nagari

Ketentuan ini telah tertuang melalui Penandatanganan Kerja Sama (PKS) dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang Pembukaan Rekening Tabungan untuk Penampungan Pencairan Klaim Manfaat Jaminan Sosial (Jamsos) bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan, pada Kamis (7/12) di Lantai 4 Kantor Pusat Bank Nagari. 

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad mengatakan dengan adanya layanan tersebut merupakan bentuk komitmen Bank Nagari untuk terus memperluas kerjasama dengan berbagai pihak.

"Sekarang klaim BPJS Ketenagakerjaannya bisa ke Bank Nagari. Artinya yang kita hadirkan ini untuk meningkatkan pelayanan Bank Nagari," katanya, Kamis (7/12/2023).

Irsyad menyatakan hubungan kerja sama antara Bank Nagari dan BPJS Ketenagakerjaan telah berlangsung lama dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

"Pengembangan kerja sama itu yakni Bank Nagari setiap bulannya melakukan pembayaran iuran terkait Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian," jelasnya.

Kemudian, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pensiun (JP) yang berjumlah lebih 2.000 orang pegawai dengan total iuran sebesar Rp1,6 miliar per bulan. 

Dikatakannya sampai saat ini Bank Nagari telah menerima pembayaran iuran Peserta BPJS TK (Penerima Upah dan Non Upah) secara host 2 host pada Tahun 2022 melalui berbagai media channel Bank, yaitu teller, ATM, NCM Corporate & Personal.

Dimana sampai saat ini frekuensi transaksi telah mencapai 20.023 transaksi dengan nominal transaksi sebesar Rp54,6 miliar.

Selain itu, Bank Nagari juga berkontribusi dalam Penyaluran CSR Bank Nagari terhadap Program GN Lingkaran.

Menurutnya dengan adanya membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan para pekerja rentan, mereka memperoleh Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dalam bekerja. 

"Keikutsertaan Bank Nagari pada program GN Lingkaran ini telah berlangsung setiap tahun yang dimulai sejak tahun 2016 dengan jumlah Pekerja Rentan yang dibayarkan semakin meningkat," jelasnya.

Dimana pada tahun ini bantuan CSR pada Program GN Lingkaran yang diberikan telah mencapai 7.000 orang pekerja rentan dengan nominal sebesar Rp252 juta. 

Dijelaskannya saat ini akan dilakukan perluasan kerja sama yang mana Bank Nagari sebagai penerimaan pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan pembukaan rekening untuk penampungan pencairan klaim bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum memiliki rekening bank. 

Irsyad menjelaskan program-program yang dikerjasamakan dalam PKS itu diantaranya program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP), serta Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

"Saya berharap kolaborasi Bank Nagari dengan BPJS Ketenagakerjaan, dapat menghadirkan inovasi dalam peningkatan layanan perbankan dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan nasabah khususnya mengakses layanan pembayaran iuran dan penerimaan pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padang Jefri Iswanto mengatakan, PKS bersama dengan Bank Nagari merupakan kerja sama pertama yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. 

”Inovasi ini pertama kali kita lakukan untuk BPD di Indonesia yakni Bank Nagari,” jelasnya.

Dia berharap nantinya melalui tindak lanjut kerja sama ini, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengklaim pencairan mereka bisa dibuatkan langsung buku rekening tabungannya di Bank Nagari.

Dengan demikian, peserta bisa dengan cepat untuk mengambil ataupun langsung menyimpan uang di Bank Nagari dan memanfaatkan program-program yang ada di Bank Nagari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper