Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Pesawat SMB II Diperkirakan Meningkat 10% Saat Nataru

Bandara SMB II Palembang mulai bersiap untuk melayani penerbangan udara masyarakat pada momen peak season angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan, mulai bersiap untuk melayani penerbangan udara masyarakat pada momen peak season angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. 

Executive General Manager Bandara SMB II, Iwan Winaya Mahdar mengungkapkan pihaknya memprediksi jumlah penumpang untuk periode Nataru tahun ini secara kumulatif meningkat sekitar 10% dibanding periode yang sama 2022/2023. 

Menurut Iwan jumlah pergerakan penumpang di Bandara SMB II diperkirakan mencapai 136.071 dengan 1.010 aircraft movement landing dan take off. 

“Serta 1.010 aircraft movement landing dan take off pada periode angkutan nataru 2023/2024 atau pada 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 (H-7 hingga H+3),” katanya, dikutip Rabu (6/12/2023). 

Dia mengatakan bahwa penumpang pesawat pada periode Nataru ini didominasi oleh wisatawan yang ingin berlibur. 

Untuk puncak arus keberangkatan pertama, diperkirakan terjadi pada 22 Desember 2023 dan puncak arus keberangkatan kedua pada 29 Desember 2023. 

“Sementara itu, puncak arus balik pada 2 Januari 2024,” imbuhnya. 

Adapun persiapan rencana operasi pihak SMB II dalam momen Nataru diantaranya persiapan personel dengan jumlah berkisar 329 personel, serta fasilitas pelayanan dan operasional yang dipastikan siap. 

“Jam operasional Bandara SMB 2 masih tetap sama, yakni dari 06.00 pagi hingga 00.00 malam. Akan tetapi jika diperlukan adanya penambahan jam tambahan atau operating hour akan kita diinfokan lebih lanjut,” jelas Iwan. 

Terkait aspek keselamatan, imbuhnya, SMB II juga mempersiapkan unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) untuk selalu siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler