Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub Perkirakan Pengunjung Sumsel Meningkat 20% Saat Nataru, Antisipasi Titik Macet

Lonjakan pemudik pada saat momen Natal akan terjadi di kisaran tanggal 23-24 Desember. Sedangkan untuk tahun baru yakni pada pada 30 dan 31 Desember 2023.
wisata palembang/Hallo Palembang
wisata palembang/Hallo Palembang

Bisnis.com, PALEMBANG – Dinas Perhubungan memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik yang datang atau melintasi Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 mendatang. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel Arinarsa mengungkapkan lonjakan pemudik pada saat momen Natal akan terjadi di kisaran tanggal 23-24 Desember. Sedangkan untuk tahun baru yakni pada pada 30 dan 31 Desember 2023. 

"Prediksi kita Nataru 2023/2024 ini akan meningkat. Kita sudah melakukan rakor pembahasan kesiapan tapi memang belum final. Diantaranya menyiapkan Posko Nataru di beberapa titik bersama pihak terkait, salah satunya seperti di Pelabuhan Tanjung Api-Api," ujarnya, Selasa (5/12/2023).

Pihaknya memerinci, jika pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idulfitri ada kurang lebih 5 juta orang ke Sumsel, artinya sekitar 20% atau 1 juta orang akan datang ke Sumsel. 

Sementara untuk yang keluar dari Sumsel, diprediksi mencapai 1,4 juta orang. "Pemudik saat Nataru tidak sebesar saat momen Idulfitri, prediksi kita hanya sekira 20%-an nantinya," jelasnya. 

Ari menjelaskan, seiring dengan momen itu pula terdapat beberapa titik daerah yang patut diwaspadai oleh masyarakat lantaran menjadi daerah rawan macet. 

Beberapa diantaranya seperti Jalan Indralaya-Palembang, KM 12 Palembang-Betung dan Sekayu, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, serta jalur Lintas Tengah (Jalinteng) di Prabumulih, Muara Enim, dan Martapura OKU Timur. 

Untuk di Kota Palembang sendiri, titik rawan macet diperkirakan di pintu keluar tol Keramasan hingga Jalan Alang-Alang Lebar, dan KM 12. 

Oleh karena itu, kata Ari, para pemudik diminta untuk mengatur waktu perjalanan yang sesuai agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas. 

“Kemudian agar mengutamakan keselamatan dan meningkatkan kewaspadaan agar perjalanan Nataru tahun ini berjalan dengan baik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper