Pemprov Riau Apresiasi Jelajah UMKM, Pemerintah Tidak Bisa Berjalan Sendiri

Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto menyatakan UMKM memiliki peran sentral dalam mendukung ekonomi masyarakat dan menjaga kestabilan ekonomi nasional.
Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto memberikan sambutan saat pelepasan program Jelajah UMKM Riau 2023. /Istimewa
Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto memberikan sambutan saat pelepasan program Jelajah UMKM Riau 2023. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau mengungkapkan apresiasinya terhadap program Jelajah UMKM yang diinisiasi oleh berbagai pihak yakni Bisnis Indonesia, dengan dukungan Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI), lalu perusahaan-perusahaan seperti Texcal Energy Mahato, dan Apical Group.

Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto menyatakan UMKM memiliki peran sentral dalam mendukung ekonomi masyarakat dan menjaga kestabilan ekonomi nasional. Riau, sebagai daerah yang kaya akan UMKM lokal, merasa bangga dengan keberadaan program Jelajah UMKM karena memberikan peluang nyata untuk pengembangan UMKM di masa mendatang.

"Pemerintah daerah tidak bisa bergerak sendiri dalam mendukung pengembangan UMKM. Diperlukan kerjasama dengan Kementerian/Lembaga (K/L), lembaga keuangan seperti bank, dan pelaku usaha untuk bersaing di pasar domestik maupun internasional," ungkapnya, Selasa (5/12/2023).

Hariyanto menekankan selama ini program dan kebijakan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan UMKM, tidak hanya berkutat pada aspek permodalan, tetapi juga mencakup berbagai aspek, termasuk pemasaran produk. 

Dia berharap agar program Jelajah UMKM ini tidak hanya memberikan manfaat sementara, melainkan dapat berkelanjutan dan meningkatkan kapasitas UMKM secara keseluruhan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bisnis Indonesia dan seluruh pihak yang mendukung, termasuk Bank Indonesia, BRI, dan perusahaan-perusahaan seperti Texcal Energy Mahato, dan Apical Group. Semoga program Jelajah UMKM ini memberikan pemahaman pasar potensial yang lebih besar lagi untuk UMKM di masa depan," tambah Hariyanto.

Dia juga menyampaikan kesiapannya untuk berkoordinasi dalam mendorong dan mengembangkan hasil liputan dan pemetaan potensi usaha dari Jelajah UMKM di Riau. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi para pelaku UMKM di daerah tersebut.

Guna mendukung dan memahami lebih dalam kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap perekonomian, program Jelajah UMKM Riau 2023 resmi digelar. Pelepasan rombongan liputan ini dihadiri langsung oleh Sekda Provinsi Riau, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau, perwakilan Bank Indonesia (BI), Texcal Energy Mahato, Apical Group, dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Pekanbaru.

Kepala Perwakilan Bisnis Indonesia Pekanbaru Aang Ananda Suherman menyebut UMKM memiliki peran strategis dalam kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, dan penyerapan tenaga kerja. 

Menurutnya lewat program Jelajah UMKM ini, pihaknya akan menggali lebih dalam perkembangan UMKM Riau, termasuk kendala dan potensi peluangnya.

"Saat krisis 1998, UMKM telah membuktikan perannya dalam mempercepat keluar dari krisis. Namun, setelah kondisi membaik, UMKM sering kali ditinggalkan. Melalui Jelajah UMKM ini kami ingin memotret perkembangannya serta cerita hero lokal, dan peran semua pihak, termasuk dari BI, Texcal, Apical, dan BRI yang belum tersampaikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dia berharap program ini dapat memberikan informasi yang valid tentang kemajuan UMKM Riau, serta merangkul semua pihak untuk mendukung perkembangan UMKM ke depannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper