Hujan Deras Sebabkan Pipa Air Bersih di Batam Kembali Rusak

Pipa distribusi air bersih di Batam kembali rusak, Selasa pagi (28/11/2023), akibat dihantam air saat hujan deras melanda daerah setempat.
Pipa air bersih di Batam rusak./Ist
Pipa air bersih di Batam rusak./Ist

Bisnis.com, BATAM — Pipa distribusi air bersih di Batam kembali rusak, Selasa pagi (28/11/2023). Jika sebelumnya kerusakan terjadi karena proyek pelebaran jalan, kali ini hujan bercurah tinggi yang rutin mengguyur Batam saat ini yang jadi penyebabnya.

Direktur Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Denny Tondano mengatakan pipa rusak tersebut berukuran 800 mm, yang berlokasi di depan Kongkow Taman Baloi Batam.

"Untuk penanganannya, dilakukan penyambungan dan merelokasi posisi pipa. Jadi saat ini tim sudah berada di lapangan untuk melakukan penyambungan kembali," katanya di Gedung BP Batam, Selasa (28/11/2023).

Imbas dari hujan deras membuat tanah penahan pipa tersapu air. Kondisi pipa selain rusak juga dalam posisi tergantung. Sehingga saat dialiri air dengan tekanan tinggi, mengakibatkan sambungan pipa terputus.

"Saat ini kami telah melakukan mobilisasi peralatan serta material penggantinya ke lokasi. Pekerjaan sudah mulai dilaksanakan," kata General Manager SPAM Hilir, Djohan Effendy.

Dalam melakukan perbaikan, pihaknya telah menurunkan tiga alat berat ke lokasi untuk mempercepat perbaikan. Selain itu, SPAM juga akan melakukan pengecekan sambungan pipa lainnya agar kejadian serupa tidak terjadi dikemudian hari.

"Estimasinya belum bisa kita pastikan. Tapi pekerjaan ini akan terus kita kerjakan. Malam pun akan kita kerjakan sampai selesai. Harapan kita kurang dari 24 jam selesai," katanya lagi.

Ia menambahkan, akibat terputusnya pipa ini berdampak pada pelanggan di Jalur Sukajadi, Kepri Mall, Orchid, Jalur Plamo. Selain itu juga berdampak di Bengkong Nusantara, Batam Centre, Panbil, KDA dan sekitarnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper