Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Masyarakat Padang Kenang Gempa 30 September 2009

Masyarakat bersama Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, melakukan kegiatan mengenang bencana Gempa 30 September 2009
Masyarakat tebar bunga pada saat mengenang Gempa 30 September 2009 yang berlangsung di Monumen Tugu Gempa Padang, Sumatra Barat, Sabtu (30/9/2023). Bisnis/Muhammad Noli Hendra
Masyarakat tebar bunga pada saat mengenang Gempa 30 September 2009 yang berlangsung di Monumen Tugu Gempa Padang, Sumatra Barat, Sabtu (30/9/2023). Bisnis/Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Masyarakat bersama Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, melakukan kegiatan mengenang bencana Gempa 30 September 2009 di Monumen Tugu Gempa Padang, Sabtu (30/9).

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan mengenang bencana gempa di Padang memang selalu dilakukan bertepatan pada tanggal 30 September. Pada kegiatan itu turut dihadiri oleh masyarakat terutama keluarga korban bencana gempa.

"Dengan adanya kegiatan mengenang bencana gempa 30 September ini, bukan berarti kita larut dalam kesedihan. Tapi bagaimana kita mengenang dan belajar dari bencana itu, agar kedepan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Karena kita tidak tahu kondisi kedepannya seperti apa," katanya, Sabtu (30/9/2023).

Dia menyebutkan setelah 14 tahun berlalu kondisi bencana gempa berkekuatan 7,6 SR itu, dari dulu kondisi bangunan banyak roboh, dan kini kondisi di Kota Padang sudah bangkit dari situasi tersebut.

Meski belum 100 persen gedung-gedung yang hancur akibat gempa belum bisa dibangun kembali. Tapi prosesnya akan terus berjalan, seperti halnya kondisi yang terjadi di Pasar Raya Padang, super market yang dulu jadi pusat perbelanja di Padang rusak berat akibat gempa, dan kini pengerjaan pembangunan kembali tengah berjalan.

"Jadi saat ini gedung-gedung yang ada di Kota Padang sangat ramah gempa," ujarnya.

Menurutnya pembangunan di Padang sudah menjadi syarat yakni haruslah ramah gempa. Begitupun dengan gedung-gedung yang dibangun tersebut, tidak boleh tinggi dari ketinggian yang ditentukan.

Dia menyatakan sampai saat ini Pemko Padang secara intens melakukan edukasi dan mitigas bencana kepada masyarakat. Seiring telah mempersiapkan shelter, jalan untuk evakuasi, serta memberi rambu-rambu di jalan raya untuk bisa jadi pedoman evakuasi bila terjadi bencana.

"Meskipun ada informasi gempa bumi di Sumbar masih menyimpan kekuatan yang besar. Kita berdoa, masa-masa itu tidak terjadi," harapnya.

Mengenang Gempa 14 Tahun Silam

Pada kegiatan mengenang Gempa 30 September 2009 ini, Pemko Padang bersama keluarga korban dan masyarakat, turut hadir di Monumen Tugu Gempa untuk melakukan tabur bunga, sebagai bentuk ungkapan rasa duka.

Selain itu pada waktu Sabtu (30/9) sore tadi, sebagai bentuk mengenang bencana gempa tersebut, seluruh aktivitas di kawasan Monumen Tugu Gempa berhenti sejenak, seiring dibunyikannya sirine gempa dengan durasi selama satu menit.

Sebelumnya, bertepatan pada 30 September 2009 berkekuatan 7,6 SR itu telah meluluhlantakkan sejumlah daerah di Sumatra Barat, mulai dari Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang, sebagian Kabupaten Agam, Bukittinggi, Pasaman Barat dan sebagian Pesisir Selatan. 

Sebanyak 1.117 nyawa melayang, 1.214 jiwa luka berat, 1.688 luka ringan. Sebanyak 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang, 78.604 rumah rusak ringan. Peristiwa itu tentu tak cukup diwariskan dengan tradisi lisan tapi juga dikenang dengan dibangun sebuah monumen.

Adanya sebuah monumen sudah pasti tujuannya untuk meninggalkan catatan fakta sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper