Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilang Pertamina Dumai Hemat Biaya Operasional Hingga Rp14,4 Miliar, Ini Strateginya

Penerapan inovasi pemanfaatan bahan bakar ownused diesel engine ini membuat proses operasional KPI Unit Dumai jauh lebih cepat, efisien, dan ekonomis.
Seremoni perwira Kilang Pertamina Unit Dumai./Ist
Seremoni perwira Kilang Pertamina Unit Dumai./Ist

Bisnis.com, PEKANBARU - Menjelang momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT RI) yang dan bertepatan dengan momen Hari Jadi ke-66 Provinsi Riau , Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menciptakan terobosan dalam hal penghematan biaya operasional dengan langkah inovasi. 

Inisiatif dimaksud adalah pemanfaatan bahan bakar ownused diesel engine, dan telah berhasil diimplementasikan di beberapa lokasi penting. Hal ini mencakup WPS Rokan, WTP Bukit Datuk, dan juga untuk kebutuhan peralatan mesin di maintenance area.

Direktur Keuangan KPI, Fransetya Hasudungan Hutabarat menjelaskan program ini sejalan dengan semangat untuk terus bergerak maju dan berkontribusi positif terhadap keberlanjutan bisnis dan lingkungan.

"Penerapan inovasi pemanfaatan bahan bakar ownused diesel engine ini membuat proses operasional KPI Unit Dumai jauh lebih cepat, efisien, dan ekonomis, dan menghasilkan penghematan biaya yang cukup substansial, dengan perkiraan penghematan sebesar Rp1,2 miliar per bulan atau Rp14,4 miliar per tahun," ungkapnya Kamis (10/8/2023).

Namun, manfaatnya tidak berhenti di sana. Terdapat potensi penghematan biaya yang lebih besar melalui program pemanfaatan bahan bakar ADO Ownused untuk operasional kendaraan ringan perusahaan (KRP).

Proses pemanfaatan bahan bakar ini melibatkan tahap diskusi kelompok, evaluasi teknis, penyediaan sarana, serta prosedur pengoperasian yang matang. Setelah memastikan kualitas bahan bakar sesuai standar, dilakukan proses penyaluran bahan bakar dari tangki produk ke tank truck untuk selanjutnya dikirim ke lokasi tujuan.

"Inovasi ini merupakan langkah yang positif untuk PT KPI Unit Dumai dan KPI, dimana inisiatif ini merupakan hadiah di momen peringatan HUT RI ke-78, dengan harapan seluruh unit PT KPI dapat menerapkan inovasi ini dan terus berkolaborasi sesama Perwira," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, KPI Unit Dumai merupakan unit kilang dengan kapasitas terbesar ketiga di Indonesia, dengan kapasitas produksi mencapai 170 MBSD atau setara dengan 16,5 persen dari total kapasitas kilang yang dimiliki PT KPI. Kilang Dumai merupakan kilang penyangga utama pasokan BBM di Provinsi Riau hingga Sumatera Bagian Utara dengan persentase kontribusi terhadap kebutuhan energi nasional sebanyak 26 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler