Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbar Ekspor 27.401 Ton Perikanan ke Sejumlah Negara hingga Juni 2023

SKIPM Padang, Sumatra Barat, mencatat lalu lintas pengiriman perikanan mulai menggeliat hingga Juni 2023.
Ikan Tuna. /KKP
Ikan Tuna. /KKP

Bisnis.com, PADANG - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang, Sumatra Barat, mencatat lalu lintas pengiriman perikanan mulai menggeliat hingga Juni 2023.

Kepala SKIPM Padang Abdur Rohman mengatakan data dari Januari-Juni 2023 total tonase perikanan yang diekspor itu mencapai 27.401 ton, mulai dari ikan tuna, frozen tuna, ikan garing, dan ikan hias air laut.

"Pengiriman ke Amerika yang paling banyak yakni mencapai 19,7 ribu ton dalam bentuk frozen tuna, dan ada juga ikan tuna segar ke Dubai. Sisanya ada ikan gariang, ikan hias laut yang jumlahnya rata-rata ratusan kilogram," katanya kepada Bisnis di Padang, Selasa (25/7/2023).

Dia menjelaskan dari tonase ekspor sebesar 27,401 ton itu bila dilihat dari nilainya mencapai Rp6,2 miliar lebih .Diakuinya kendati lalu lintas terlihat mulai menggeliat, namun bila dilihat pada kondisi tahun 2022 lalu, terjadi sedikit penurunan di tahun 2023 ini.

"Kami memantau lalu lintas ekspor perikanan Sumbar dibandingkan 2022 dan 2023 memang turun. Tapi di satu sisi, pertanda mulai menggeliat," jelasnya.

Selain untuk ekspor, melihat domestik keluar sebanyak 816.089 ekor dengan tonase 123.567 kg dengan nilai keseluruhan Rp37,4 miliar. Dengan komoditas lobster, ikan hias air laut, ikan gariang, ikan hias air tawar, dan lobster air tawar.

"Tujuannya ke Jakarta, Denpasar dan Batam serta daerah lainnya," ungkap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper