Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentawai Berstatus Daerah Tertinggal, Pemkab Genjot Pembangunan Infrastruktur

Ada beberapa indikator yang menyebabkan Kepulauan Mentawai belum bisa keluar dari daerah tertinggal, yakni persoalan infrastruktur.
Pendudukan di kawasan daerah tertinggal/Bisnis Indonesia
Pendudukan di kawasan daerah tertinggal/Bisnis Indonesia

Bisnis.com, PADANG - Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, merupakan satu-satunya daerah di Sumbar yang masih berstatus daerah tertinggal dan terluar, setelah sebelumnya Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Solok Selatan yang kini telah berhasil keluar dari status tersebut.

Untuk melepaskan status itu, Pj Bupati Mentawai Fernando J Simanjuntak mengatakan Pemkab akan terus memacu pembangunan infrastruktur, mulai dari sarana jalan, kesehatan, pendidikan, serta SDM lainnya.

"Untuk daerah atau kabupaten tertinggal di Sumbar itu yang tinggal cuma di Mentawai. Jadi memang kita berupaya agar Mentawai bisa terlepas dari status tertinggal itu," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/7/2023).

Dia menyebutkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan seperti pembangunan jalan Trans Mentawai, pembangunan jembatan, peningkatan SDM melalui pembangunan sekolah-sekolah, serta pemberian beasiswa, akan terus diupayakan berjalan.

Menurutnya, di satu sisi persoalan melepaskan status daerah tertinggal Mentawai ini memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, tetapi butuh proses yang panjang, apalagi bicara soal pembangunan infrastruktur.

"Percepatan pengentasan dari status daerah tertinggal ini merupakan investasi jangka panjang untuk Mentawai kedepan yang lebih baik dan perlu dikerjakan oleh seluruh pihak," ujarnya.

Dikatakannya untuk daerah tertinggal Mentawa ini, bicara infrastruktur kesehatan dan pendidikan merupakan prioritas yang harus dikerjakan. Karena bila hal tersebut sudah terbangun dan dinikmati dengan baik, ada harapan Mentawai terlepas dari daerah tertinggal.

Sementara itu, untuk infrastruktur dalam rangka mengantisipasi bencana, kata Fernando, Pemkab Mentawai juga telah membangun sarana sarana evakuasi, pelaksanaan berbagai sosialisasi tentang kebencanaan terus secara masif dilakukan.

Meski di satu sisi, masalah kebencanaan tidak mungkin bisa dihindari tapi penyelamatan melalui proses evakuasi dan pembelajaran tentang kesiapsiagaan bencana bisa dilakukan.

"Kami akan terus mengupayakan Mentawai ini kedepannya menjadi daerah yang maju dan tidak lagi lagi tertinggal," tegasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan ada beberapa indikator yang menyebabkan Kepulauan Mentawai belum bisa keluar dari daerah tertinggal, yakni persoalan infrastruktur.

Menurutnya, bila infrastruktur seperti jalan dan jembatan sudah bagus, maka pembangunan sarana infrastruktur lainnya bisa turut bergerak. Untuk itu, wagub berjanji untuk mengupayakan Mentawai keluar dari daerah tertinggal, dengan cara mengejar ketertinggalan di bidang infrastruktur, aksesibilitas, dan pendapatan daerah.

"Pembangunan infrastruktur di Mentawai perlu digenjot terus, kan sudah menjadi tujuan wisatawan asing. Pemprov Sumbar tentu akan bantu Mentawai," tegas Audy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper