Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Gaet 10.368 UMKM di Kabupaten Toba Gunakan Qris

Mulai dari pedagang, restaurant, dan pelaku usaha lainnya di sekitar wilayah Kabupaten Toba telah siap menerima pembayaran dengan Qris.
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik

Bisnis.com, MEDAN - Bank Indonesia mencatat bahwa hingga saat ini jumlah merchant Qris di sekitar kawasan Balige yang diakuisisi telah mencapai 10.368 dan Electronic Data Capture (EDC) yang terdata berjumlah 299 unit.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara (Sumut) Doddy Zulverdi saat rapat koordinasi F1 Powerboat World Champions (F1H2O) di Medan, Rabu (1/2/2023).

"Kita sudah pastikan bahwa pertama untuk yang di ring 1 yang menjadi kewenangan langsung Bank Indonesia untuk mengkoordinasikan semua UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) yang kita kurasi dan akan menempati ring 1 itu sudah siap Qris," kata Doddy.

Ia pun memastikan mulai dari pedagang, restaurant, dan pelaku usaha lainnya di sekitar wilayah Kabupaten Toba telah siap menerima pembayaran dengan Qris.

Selain itu, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank Sumut dan Bank BCA sebagai penyedia kebutuhan mesin EDC bagi UMKM dan juga sebagai penyedia mobil ATM untuk pengunjung nantinya.

Berdasarkan data dari perbankan, saat ini jumlah mesin ATM yang tercatat di seluruh kawasan Kabupaten Toba sebanyak 41.

Dari hasil korlordinasi bersama InJourney, sebanyak 2 unit mobil ATM akan ditempatkan di kawasan ring 1, sedangkan 3 unit lainnya akan disebar di beberapa titik strategis lainnya.

Dengan seluruh kesiapan ini, Doddy pun mengharapkan kualitas sinyal yang stabil agar mendukung kelancaran transaksi non tunai.

"Kita akan berkoordinasi dengan Injourney dan Pemda (Pemerintah Daerah) untuk memastikan kesiapan sinyal atau jaringan di kawasan acara," timpal Doddy.

Terkait money changer, Bank Indonesia akan menyediakan 1 booth di ring 1 dan 1 tempat di Hotel Labersa yang akan digunakan sebagai tempat beroperasi money changer.

"Jadi yang terkait dengan pengaturan atau persiapan infrastruktur pembayaran sudah siap. Tinggal nanti penempatan ketika nanti semua booth sudah selesai dibangun oleh pihak penyelenggara, InJourney," pungkas Doddy.

Sebelumnya Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan F1 Powerboat World Championship (F1H2O) di Danau Toba. Kompetisi internasional tersebut nantinya akan diadakan di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper