Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mulai Februari 2023, DKP Larang Nelayan Bagan Tangkap Ikan Bilih di Danau Singkarak

Pemprov Sumbar melarang adanya nelayan bagan menangkap ikan bilih di Danau Singkarak merupakan upaya pemerintah menjaga populasi ikan bilih yang kian terancam.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 21 Januari 2023  |  00:27 WIB
Mulai Februari 2023, DKP Larang Nelayan Bagan Tangkap Ikan Bilih di Danau Singkarak
Ilustrasi Danau Singkarak, Sumbar. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat melarang adanya nelayan bagan untuk menangkap ikan bilih di Danau Singkarak, Kabupaten Solok, terhitung Februari 2023 mendatang.

Kepala DKP Sumbar Desniarti mengatakan keputusan Pemprov Sumbar melarang adanya nelayan bagan menangkap ikan bilih di Danau Singkarak itu, sebagai bentuk langkah tegas, karena aktivitas nelayan bagan telah membuat merusak populasi ikan bilih di Danau Singkarak.

"Ikan bilih merupakan ikan endemik di Danau Singkarak, jadi populasinya akan terus kita jaga. Kalau nelayan bagan itu, mata jaring yang digunakan turut menangkap anak ikan bilih. Nah hal itu mengancam keberadaan ikannya," kata dia, Jumat (20/1/2023).

Dia menyebutkan sosialisasi telah cukup sering dilakukan Pemprov Sumbar bersama Pemkab Solok terhadap nelayan bagan itu. Artinya saat ini adalah langkah tegas yang harus dilakukan.

Untuk melakukan penindakan dan pengawasan, Pemprov Sumbar turut melibatkan sejumlah pihak, mulai dari kepolisian, TNI, Satpo PP, dan pihak lainnya yang ada di Pemkab Solok.

"Februari 2023, langkah tegas kita tegaskan. Semoga dengan cara ini, populasi ikan bilih di Danau Singkarak tetap terjaga," harapnya.

Desniarti menyatakan adanya upaya untuk menyelamatkan populasi ikan bilih itu, karena saat ini Danau Singkarak menjadi salah satu Danau Prioritas berdasarkan Perpres No 60 tahun 2021.

Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae yang hidup di Danau Singkarak. Bahkan ikan ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan harga ikan air tawar pada umumnya.

Selain itu, ikan bilih juga sudah menjadi salah satu kuliner dan oleh-oleh khas Danau Singkarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tour de singkarak pemprov sumbar
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top