Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bencana Banjir hingga Angin Puting Beliung Melanda Wilayah Padang

Dari pantauan Pusdalops sebagian besar wilayah Padang memang dilanda hujan dengan intensitas sedang-tinggi dan bahkan disertai angin kencang.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 16 November 2022  |  21:26 WIB
Bencana Banjir hingga Angin Puting Beliung Melanda Wilayah Padang
Personel BPBD tengah mengevakuasi warga dengan perahu karet saat banjir melanda Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu (16/11/2022). - dok BPBD
Bagikan

Bisnis.com, PADANG — Bencana banjir hingga angin puting beliung melanda Kota Padang, Sumatra Barat, pada Rabu (16/11) ini. Hal ini akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak hampir sepekan ini.

Kalaksa BPBD Padang Endrizal mengatakan hujan telah melanda Padang hampir sepakan ini, namun pada hari Rabu (16/11) ini ada sejumlah daerah yang dilanda bencana.

"Jadi dari pantauan Pusdalops sebagian besar wilayah Padang memang dilanda hujan dengan intensitas sedang-tinggi dan bahkan disertai angin kencang," katanya, Rabu (16/11/2022).

Dia menjelaskan untuk angin kencang itu, dilaporkan terjadi pohon tumbang pada 12 titik di sejumlah wilayah di Padang. Penanganan pohon tumbang langsung dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak.

Selain itu bencana angin puting beliung juga terjadi di empat titik, mulai dari Kecamatan Koto Tangah hingga di Kecamatan Lubuk Begalung.

"Akibat angin puting beliung itu membuat rumah warga rusak. Kita pun langsung menyalurkan bantuan untuk rumah yang terdampak angin puting beliung itu," ujarnya.

Bencana lainnya seperti longsor juga turut terjadi di Padang. Setidaknya ada empat titik longsor terjadi di Padang, yakni di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan yang meliputi kawasan Jalan Sitinjau Lauik menuju Solok.

"Untuk jalan di Sitinjau Lauik terpaksa ditutup, karena berisiko untuk dilalui karena tanah longsor yang terjadi masih di lokasi yang sama. Mengingat hujan masih turun," sebutnya.

Bencana lainnya yakni banjir juga dilaporkan terjadi di empat wilayah di Padang, seperti Jondul Rawang, Kecamatan Padang Selatan, dengan ketinggian air kurang lebih 40 cm. Daerah itu memang merupakan rawan bencana banjir.

Selanjutnya banjir terjadi Kelurahan Tabing Banda Gadang Kecamatan Nanggalo, ketinggian cukup parah yakni mencapai satu meter.

Lanjut di Kampung Guo, Kelurahan Belimbing Kecamatan Kuranji Genangan Air, di sana ketinggian air sekitar 30 cm.

Begitu di daerah Kelurahan Baringin, Lubuk Kilangan, akibat luapan sungai, di daerah tersebut juga turut dilanda banjir. "Untuk situasi saat sekarang masih berlangsung hujan sedang-lebat. Namun situasi masih aman dan terkendali," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir padang sumbar
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top