Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lantik Pj Bupati Tapteng, Gubernur Sumut: ASN Harus Bekerja Profesional

Edy Rahmayadi mengingatkan Elfin sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bekerja secara profesional.
Randa Hasnan Habib Pasaribu
Randa Hasnan Habib Pasaribu - Bisnis.com 14 November 2022  |  18:05 WIB
Lantik Pj Bupati Tapteng, Gubernur Sumut: ASN Harus Bekerja Profesional
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Inspektur Inspektorat Jenderal Wilayah III Kementerian Dalam Negeri Elfin Elyas Nainggolan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng).
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN – Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Inspektur Inspektorat Jenderal Wilayah III Kementerian Dalam Negeri Elfin Elyas Nainggolan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng). 

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi mengingatkan Elfin sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bekerja secara profesional.

“Saya selaku Gubernur Sumatera Utara juga sebagai utusan pusat di daerah, saya berhak mengawasinya, karena rakyat Tapteng adalah rakyat saya, saya tak mau rakyat saya kesulitan akibat para pejabatnya yang tidak profesional,” kata Edy Rahmayadi dalam siaran pers, Senin (14/11/2022).

Edy mengatakan tugas pokok ASN ada tiga. Pertama, menjalankan kebijakan umum yang tertera di dalam Undang-Undang Dasar 1945, undang-undang lainnya hingga peraturan daerah. Kedua, tugas ASN sebagai perekat anak bangsa. 

“Jadi ASN tugasnya perekat anak bangsa, tak perlu tahu suku apa dia, mau agama apa dia, tugasnya jelas menyejahterakan kehidupan bangsa, yang dituntut melalui cita-cita nasional,” kata Edy.

Edy menambahkan tugas ASN yang ketiga adalah sebagai pelayan masyarakat. Tidak ada alasan seorang ASN tidak melayani masyarakat. 

“Karena gaji kalian pun berasal dari rakyat, sehingga wajib kalian melaksanakan tugas melayani rakyat,” tegasnya.

Perlu diketahui, Elfin menggantikan Pj Bupati Tapteng sebelumnya yaitu Yetti Sembiring yang merupakan Sekretaris Daerah Tapanuli Tengah. Edy mengatakan apresiasinya atas peran yang telah dilakukan Yetti selama ini. 

“Anda kembali kepada posisi anda, anda sebagai Sekda, saya ingatkan kalian melakukan untuk rakyat bukan untuk kalian,” kata Edy. 

Edy juga menyampaikan latar belakang dilakukannya pergantian Pj Bupati Tapteng. Ia mengatakan berdasarkan hasil evaluasi tiga bulan sekali dinyatakan perlunya pergantian Pj Bupati. 

“Mungkin dari hasil evaluasi ini akan dilakukan perbaikan dalam rangka menyiapkan kesejahteraan rakyat, dan menyiapkan pelaksanaan Pilkada yang akan datang di Tapteng. Untuk itu dipandang perlu yang netral,” kata Edy. 

Pj Bupati Tapteng yang baru dilantik Elfin Elyas Nainggolan akan segera berkoordinasi dengan Forkopimda dan perangkat daerah untuk menyelesaikan program yang telah direncanakan. Sehingga apa yang telah direncanakan akan terselenggara dengan baik.

Mengenai netralitas, Elfin menegaskan dirinya akan menjaga netralitas sebagai ASN. 

“Intinya ASN harus netral dan siapa saja kepala daerah yang menjabat harus menerapkannya. Tugas saya seperti yang disampaikan Gubernur adalah menjaga netralitas, prinsipnya netralitas harus ditegakkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut edy rahmayadi tapanuli tengah
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top