Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Kuliner, Ini 10 Rekomendasi Makanan Khas Sumatra Utara

Bila Anda ingin melakukan wisata kuliner, maka bisa mencoba beberapa makanan khas dan melakukan wisata kuliner di Sumatra Utara.
Bika ambon menjadi makanan khas dari Sumatra Utara/wikipedia
Bika ambon menjadi makanan khas dari Sumatra Utara/wikipedia

Bisnis.com, MEDAN – Berwisata di suatu daerah tentu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Selain mendapatkan pengalaman dari liburan yang dilakukan, destinasi wisata kuliner tentu tidak dapat dilewatkan. Mencoba berbagai jenis makanan dengan berbagai keunikan pilihan rasa, aroma, dan cara penyajian.

Sumatra Utara dikenal dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata. Panorama alam menjadi daya tarik yang membuat Sumut menjadi salah satu tujuan destinasi wisata domestik hingga mancanegara.

Selain keindahan alam, makanan khas yang beraneka ragam juga menjadi daya tarik tersendiri di Sumatera Utara. Dengan berbagai aliran kebudayaan membuat Sumatra Utara kaya akan jenis makanan khas.

Berikut beberapa makanan khas yang wajib anda cicipi ketika berkunjung ke Sumatra Utara:

1. Mie Gomak

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Sumatra Utara satu ini. Kata “gomak” berasal dari bahasa batak yang berarti “genggam”. Sesuai namanya, mie ini dulu dikenal karena cara penyajiannya dengan cara digenggam sebelum disajikan ke piring. Terdapat dua jenis mie gomak yang biasa ditemukan, mie gomak basah dan mie gomak kering. Sesuai namanya mie gomak basah disajikan dengan kuah. Sedangkan mie gomak kering disajikan tanpa kuah.

2. Ayam Napinadar

Ayam Napinadar merupakan kuliner khas yang sudah tidak asing lagi bagi suku Batak. Ayam Napinadar memiliki cita rasa yang pedas dan gurih karena menggunakan olahan andaliman dan bawang putih. 

Umumnya, ayam napinadar dimasak terlebih dahulu menggunakan baluran darah ayam lalu diolah dengan bumbu khas batak.

3. Sambal tuktuk

Sambal Tuktuk merupakan kuliner khas Sumatra Utara yang memiliki cita rasa yang unik. Sambal ini dibuat dengan cara pembuatan sambal pada umumnya. Yang membuat cita rasanya menjadi unik adalah adanya penambahan andaliman di dalamnya.

4. Kue putu bambu

Kuliner khas Sumatra Utara selanjutnya adalah kue putu bambu. Makanan tradisional satu ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah dengan aroma pandan yang khas.

 Selain rasanya yang unik, kue putu bambu dikenal dengan gerobak penjualnya yang selalu mengeluarkan suara dengungan yang khas.

5. Saksang

Saksang merupakan makanan tradisional suku Batak. Saksang umumnya disajikan dengan menggunakan daging babi, meskipun daging anjing, dan sapi dapat menjadi pilihan alternatif dalam penyajiannya.

Dalam proses memasak, daging diolah dengan menggunakan bumbu dan rempah pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper