Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Mentawai Terjunkan Tim Trauma Healing untuk Pengungsi Gempa

Pemerintah Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat, secara resmi mengakhiri masa tanggap darurat penanganan dampak gempa yang terjadi di Pulau Siberut.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 20 September 2022  |  20:38 WIB
Pemkab Mentawai Terjunkan Tim Trauma Healing untuk Pengungsi Gempa
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat, secara resmi mengakhiri masa tanggap darurat penanganan dampak gempa yang terjadi di Pulau Siberut.

PJ Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan mengatakan masa tanggap darurat penanganan dampak gempa telah berakhir pada Senin (19/9) kemarin. Hal ini setelah memastikan kondisi telah mulai kondusif.

"Sekarang ribuan pengungsi di sejumlah titik perbukitan telah kembali ke rumah mereka masing-masing. Jadi mulai hari ini memasuki masa transisi ke kondisi pemulihan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9/2022).

Dia menyebutkan sepekan lebih masyarakat Siberut Barat tinggal di pengungsian pasca diguncang gempa bermagnitudo 6,1 yang menyebabkan 3 warga mengalami luka ringan.

"Agar masyarakat tidak trauma. Kita akan terjunkan tim trauma healing. Sehingga anak-anak bisa kembali sekolah," ujarnya.

Martinus menyatakan langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam masa pemulihan antara lain pengiriman logistik yang akan terus didistribusikan ke lokasi terdampak gempa, pemulihan sarana fasilitas umum, dan pemulihan sarana fasilitas pemukiman.

Sementara itu, Dandim 0319 Kepulauan Mentawai Letkol Inf. Febi Adrianto menyampaikan terkait logistik harus dipastikan sampai ke lumbung–lumbung sosial. Sehingga terus terisi karena kondisi geografis di Kepulauan Mentawai yang terpisah oleh lautan dan mengingat faktor cuaca, agar bantuan sudah tersedia di sana.

“Tentukan tempat evakuasi yang aktif dan kita mengajak masyarakat untuk menanam di tempat evakuasi agar ada cadangan makanan dari alam sekiranya nanti kondisi cuaca yang tidak memungkinkan bantuan datang tepat waktu,” ujar nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentawai
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top