XL Axiata Bangun 11 Menara di Mentawai Tahun Ini

XL Axiata akan membangun 11 menara di Mentawai sejalan dengan masih belum meratanya jaringan telekomunikasi di kawasan tersebut.
Ilustrasi tower/Bisnis Muhammad Noli Hendra
Ilustrasi tower/Bisnis Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, MENTAWAI - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) disebut bakal membangun 11 menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Adapun, aerah ini masih menjadi salah satu daerah tertinggal di Sumatra Barat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Mentawai, Heri Robertus, mengatakan, kabar gembira bagi masyarakat Mentawai jelang penutupan tahun 2022 ini bahwa akan dibangunnya 11 menara XL Axiata.

"Jadi 11 menara itu dibangun di sejumlah titik di Mentawai. Pengadaannya itu merupakan bantuan dari BAKTI dengan provider dari XL," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

Dia menyebutkan di Mentawai memang sangat membutuhkan infrastruktur pembangunan menara telekomunikasi, karena masih belum meratanya jaringan telekomunikasi di Mentawai, baik itu internet maupun telepon genggam.

"Kita senang BAKTI melalui XL bisa membangun menara di Mentawai. Artinya akan ada sejumlah titik di Mentawai bisa mempunyai akses telekomunikasi dari XL Axiata," katanya.

Adapun lokasi pembangunan 11 menara itu berada di Dusun Mara Desa Mara, Dusun Alaimonga Desa Taikako, Dusun Mapoupou Di Desa Makalo, Dusun Bose Desa Sikabaluan, Dusun Pasapuat Desa Saumanganyak, Dusun Masat Desa Madobag, Dusun Subelen Desa Cimpungan, Desa Simalegi, Dusun Policoman Desa Sigapokna, Dusun Takkuman Desa Sioban, Dan Desa Bulasat.

"Targetnya, pembangunan 11 menara BTS bantuan BAKTI tersebut rampung hingga akhir 2022," tegasnya.

“11 menara yang dibangun bekerja sama dengan XL Axiata, sebagai pemenang tender saat pelelangan di BAKTI,” ujar Heri Robertus di ruang kerjanya, senin (13/9/2022).

Dikatakannya saat ini progres pembangunan menara telekomunikasi itu, dalam tahap mengajukan pengusulan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mentawai.

"Secepatnya, akan dimulai. Semoga Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mentawai segera mengeluarkan izin, biar 11 menara bisa dinikmati akses jaringan telekomunikasinya," harap dia.

Di satu sisi, Heri Robertus, menyebutkan, menara yang ada di Mentawai tidak hanya XL, tapi juga pembangunan empat menara regular atau bisnis oleh pihak Telkomsel di tahun 2022 ini.

Lokasinya berada di bagian utara Kepulauan Mentawai, yaitu Pulau Siberut, mulai dari Peipei, Maileppet, Saibi, hingga Pokai dengan ketinggian 72 meter.

“Empat menara tersebut menjadi menara induk untuk penyebaran jaringan telekomunikasi di Pulau Siberut Mentawai dan akan menjadi link untuk menara-menara berikutnya,” tegas Heri Robertus.

Dia menjelaskan setelah pembangunan di arah utara tersebut selesai, kemungkinan besar akan dibangun juga lima menara ke arah selatan Kepulauan Mentawai secara estafet, termasuk Sikakap, agar masyarakat disana bisa menikmati akses internet 4G.

"Jadi secara bertahap infrastruktur telekomunikasi di Mentawai akan membaik," ujar Heri Robertus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper