Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harimau Dilaporkan Memangsa Sejumlah Kambing di Aceh Selatan

Keberadaan harimau sumatra memangsa hewan ternak tersebut, membuat masyarakat setempat resah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juli 2022  |  20:36 WIB
Harimau Dilaporkan Memangsa Sejumlah Kambing di Aceh Selatan
Ternak kambing mati setelah dimangsa harimau di Aceh Selatan, Sabtu (30/10/2021). - Antara/Hasyim
Bagikan

Bisnis.com, BANDA ACEH - Seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) ukuran dewasa dilaporkan memangsa dua ekor ternak kambing milik warga di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Resor Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Wirli di Aceh Selatan, Sabtu, mengatakan, satwa liar dilindungi tersebut dilaporkan memangsa kambing warga pada Jumat (15/7) magrib.

"Harimau tersebut dilaporkan mangsa dua ekor kambing di sebuah kandang di belakang SDN 2 di Desa Batu Itam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan," kata Wirli.

Keberadaan harimau sumatra memangsa hewan ternak tersebut, membuat masyarakat setempat resah. Masyarakat juga diminta mewaspadai kemunculan satwa liar dilindungi tersebut.

Wirli mengatakan, tim Resor Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan BKSDA Aceh sudah turun ke lokasi harimau dilaporkan memangsa dua ekor kambing masyarakat tersebut.

"Tim juga sudah memeriksa lokasi serta memasang kamera pemantau. Jika nanti ditemukan keberadaan harimau tersebut, kami upayakan penggiringan kembali ke kawasan hutan," kata Wirli.

Wirli mengatakan, masyarakat juga meminta pemasangan perangkap. Namun, pemasangan perangkap belum bisa dilakukan karena harus mendapat izin dari BKSDA Aceh.

"Jika sudah dapat izin, kami akan pasang perangkap harimau tersebut. Kami mengimbau masyarakat berhati-hati dan tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan penting. Kemudian, tidak ke kebun sendirian," kata Wirli.

Harimau sumatra merupakan satwa dilindungi di Indonesia. Berdasarkan daftar satwa lembaga konservasi internasional, IUCN, harimau sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra, berstatus kritis dan berisiko punah di alam liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harimau aceh bksda

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top