Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhirnya Penerbangan Internasional di Bandara Pekanbaru Kembali Dibuka

Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan internasional melalui Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan internasional melalui Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau.

Pembukaan penerbangan internasional tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada Senin, 4 Juli 2022.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan keinginan pemda agar dibukanya penerbangan internasional ini sempat dia sampaikan dalam beberapa kesempatan, dan terakhir dalam rapat koordinasi gubernur se-Sumatra pada pekan lalu yang juga dihadiri oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo.

"Alhamdulillah kini sudah dibuka kembali penerbangan internasional, permintaan ini juga telah saya sampaikan pada Rakorgub se-Sumatra dan didukung oleh Bapak Mendagri. Sebelumnya keinginan agar penerbangan internasional dibuka sudah kami sampaikan di berbagai kesempatan," ujarnya Selasa (5/7/2022).

Syamsuar menjelaskan rute penerbangan internasional di Bandara Pekanbaru sempat ditutup sejak 2020 lalu, akibat pandemi covid-19. Kini setelah dua tahun lebih, akhirnya rute penerbangan antara bangsa itu kembali dibuka.

Adapun Instruksi Mendagri yang mengizinkan kembali penerbangan internasional di Pekanbaru itu, tergabung ke dalam instruksi tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 2 dan level 1, serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran COVID-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulaeman, Maluku dan Papua.

Pada instruksi bagian enam poin a, dijelaskan tentang pembatasan pintu masuk perjalanan penumpang internasional bagi warga negara Indonesia.

Ada sebelas bandara yang dibuka untuk jalur penerbangan internasional yaitu, Bandara Soekarno Hatta di Tangerang Provinsi Banten, Bandara Juanda di Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, Bandara Ngurah Rai di Denpasar Provinsi Bali, Bandar Udara Hang Nadim di Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya, Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau, Bandara Sam Ratulangi di Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Lalu, Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bandara Kualanamu di Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian, Bandara Sultan Hasanuddin di Provinsi Sulawesi Selatan, Bandara Internasional Yogyakarta di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper