Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Dumai Bantu 4.500 Bibit Ikan Gurami Bagi Nelayan Purnama

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU wilayah Dumai, Imam Rismanto mengatakan hal ini sesuai dengan tujuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina dan tercakup dalam poin 12 Sustainable Development Goals (SDGs) yakni Responsible Consumption and Production.
Perwakilan Pertamina Dumai menyalurkan 4.500 bibit gurami bagi nelayan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai. /Istimewa
Perwakilan Pertamina Dumai menyalurkan 4.500 bibit gurami bagi nelayan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – Pertamina Refinery Unit (RU) wilayah Dumai menyalurkan bantuan budi daya ikan gurami kepada Kelompok Nelayan Batu Karang di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian nelayan khususnya di Kota Dumai.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU wilayah Dumai Imam Rismanto mengatakan hal ini sesuai dengan tujuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina dan tercakup dalam poin 12 Sustainable Development Goals (SDGs) yakni Responsible Consumption and Production.

Sebanyak 4.500 benih ikan gurami telah diberikan kepada kelompok nelayan untuk kemudian dibudidayakan. Secara simbolis, pemberian bibit ikan gurami ini diserahkan oleh perwakilan Pertamina RU wilayah Dumai Bambang Imawan, dan diterima langsung oleh Ketua Kelompok Nelayan Batu Karang Rozali. 

Imam memaparkan bantuan bibit ini merupakan bentuk pemberdayaan Pertamina terhadap nelayan agar kesejahteraan mereka meningkat. "Semoga dengan adanya program budi daya ikan gurami ini, bisa menjadi sumber pemasukan tambahan bagi nelayan," ujarnya dari siaran pers Rabu (9/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, perwakilan nelayan Rozali mengatakan bahwa bantuan ini sangat diperlukan oleh mereka agar mereka nantinya bisa mandiri dan tidak tergantung pada hasil tangkapan di laut. "Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina karena dengan adanya program budi daya ini, penghasilan kami diharapkan bisa lebih terjamin," jelas Rozali.

Rozali juga berharap kepada Pertamina dan Dinas Perikanan Kota Dumai untuk terus memberikan bimbingan dan pelatihan budi daya ikan gurami sehingga jalannya program ini bisa berhasil. "Mari kita majukan nelayan, kita kembangkan daerah kita ini, sehingga para nelayan menjadi lebih sejahtera dan hasil panennya dapat kita nikmati bersama," tambahnya.

Sementara itu perwakilan Dinas Perikanan Dumai Maizul mengungkapkan apresiasinya atas langkah Pertamina dalam memberikan bibit ikan gurami ini kepada kelompok nelayan. "Pihaknya siap untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada kelompok nelayan sehingga para nelayan bisa berhasil dalam membudidayakan ikan gurami ini secara mandiri," ungkapnya.

Imam juga tidak lupa berpesan kepada kelompok nelayan untuk terus bersemangat dalam mengikuti program ini. "Semoga skill budi daya ikan gurami yang telah didapat, bisa diterapkan dengan baik yang akan mendatang kebermanfaatan yang banyak terutama bagi kelompok nelayan itu sendiri," pungkas Imam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper