Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Proyek Tol dan Dua Infrastruktur Besar Dibangun di Pekanbaru

Proyek tol Pekanbaru-Padang masih dalam segmen pertama yaitu Pekanbaru-Bangkinang dan Bangkinang- Pangkalan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 April 2021  |  13:33 WIB
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Ruas Tol Pekanbaru - Padang, Seksi Sicincin, Lubukalung - Padang.  - Hutama Karya
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Ruas Tol Pekanbaru - Padang, Seksi Sicincin, Lubukalung - Padang. - Hutama Karya

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemkot Pekanbaru menyatakan saat ini di wilayah tersebut tengah dibangun empat proyek besar.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus memaparkan proyek tersebut adalah dua proyek jalan Tol Trans Sumatra, serta dua proyek infrastruktur skala besar yaitu proyek saluran air bersih, dan proyek sanitasi.

"Dua proyek Tol Sumatra sedang dibangun saat ini. Pekanbaru merupakan titik simpul Tol Sumatra," katanya dalam siaran pers, Selasa (27/4/2021).

Dia menjelaskan proyek tol pertama yaitu pembangunan Tol Pekanbaru-Padang. Saat ini proyek tol tersebut masih dalam segmen pertama yaitu Pekanbaru-Bangkinang dan Bangkinang- Pangkalan. Segmen pertama direncanakan selesai pada akhir tahun ini.

Proyek tol kedua yaitu jalan Tol Pekanbaru-Jambi yang saat ini sedang diproses pembebasan lahannya. Kemungkinan, proyek fisiknya bisa dimulai akhir tahun ini.

Selain proyek jalan bebas hambatan, saat ini di Pekanbaru sedang dibangun saluran air bersih dan sanitasi. Pekanbaru mendapatkan pembangunan jaringan air bersih dengan kapasitas 750 liter per detik.

"Program ini untuk peningkatan kapasitas air bersih di Pekanbaru dengan menggunakan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha [KPBU]," ujar Firdaus.

Terakhir, saat ini proyek yang sedang berjalan adalah pembangunan jaringan sanitasi atau pengolahan air limbah.

Wilayah Pekanbaru menjadi proyek percontohan (pilot project) pengolahan air limbah dari 4 kota di Indonesia. Selain Pekanbaru, proyek ini berjalan di Jambi, Palembang, dan Makassar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekanbaru jalan tol pekanbaru-padang
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top