Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNPB Minta Siskamling juga Disiapkan Hadapi Risiko Bencana

Sebaiknya ada inisiatif dari tiap-tiap daerah atau desa, bahkan sampai ke tingkat RT dan RW untuk siaga dan berjaga dari risiko bencana di Tanah Air.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 April 2021  |  15:06 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana berharap setiap daerah memiliki inisiatif untuk tetap siaga terhadap bencana. Langkah tersebut misalnya dengan mengaktifkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan atau siskamling.

Pernyataan ini disampaikan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo saat rapat bersama pemerintah provinsi Riau terkait penanganan Covid-19 dan mitigasi bencana.

Doni Monardo mengatakan saat ini dibutuhkan keaktifan dari kegiatan Siskamling, bukan hanya untuk menghadapi ancaman kriminal di masyarakat tetapi juga perlu disiapkan untuk menghadapi ancaman bencana.

"Terutama ancaman banjir, banjir bandang, dan tanah longsor," ujar Doni dalam pertemuan di Gedung Daerah Balai Serindit Riau, seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (23/4/2021).

Doni mengatakan Provinsi Riau harus tetap siaga terhadap kebakaran hutan dan lahan meskipun saat ini curah hujan cukup tinggi.

Doni juga berpesan sebaiknya ada inisiatif dari tiap-tiap daerah atau desa, bahkan sampai ke tingkat RT dan RW untuk siaga dan berjaga dari risiko bencana di Tanah Air.

Untuk di wilayah Riau misalnya, tidak hanya risiko kebakaran hutan dan lahan, namun juga banjir. Banjir terutama mengancam masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai atau permukiman yang berada di bawah kemiringan tebing.

"Karena itu harus ada yang bertugas untuk membangunkan warga saat upaya evakuasi terutama pada malam hari. Siskamling diharapkan dapat melakukan hal tersebut," ujar Doni.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau riau Siskamling Doni Monardo
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top