Polres Bangka Barat Gelar Lomba Siskamling

Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk meningkatkan peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara mandiri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juni 2019  |  14:35 WIB
Polres Bangka Barat Gelar Lomba Siskamling
Ilustrasi Siskamling - Antara

Bisnis.com, BABEL--Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk meningkatkan peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara mandiri.

"Lomba siskamling juga sebagai salah satu upaya kami mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus memeriahkan peringatan ulang tahun Bhayangkara ke-73," kata ketua tim penilai lomba Siskamling, Ipda Gamaluddin di Mentok, Minggu.

Menurut dia, lomba Siskamling diikuti seluruh pos kamling yang ada di wilayah hukum Polres Bangka Barat yang tersebar di enam kecamatan.

"Sudah ada beberapa pos kamling aktif yang kami nilai, tinggal tiga kecamatan yang belum didatangi tim penilai," katanya.

Penilaian siskamling dan aktivitas pos kamling dilakukan tim dengan tetap mengedapankan aktivitas dan peran serta warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing.

Lomba dimaksudkan untuk memotivasi warga untuk bersama-sama menghidupkan pos kamling dan menjaga kamtibmas secara swadaya.

"Tim penilai akan bekerja objektif, mereka akan menilai langsung ke lokasi pos kamling yang telah terdata di seluruh kecamatan," ujarnya.

Gamaluddin menjelaskan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan menjamin penilaian dilakukan secara objektif dan bisa dipertanggungjawabkan, seperti kebersihan, kerapian, kelengkapan alat bantu pos jaga dan yang terpenting kesiapsiagaan anggota siskamling.

Ia berharap kegiatan bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk aktif menjaga keamanan lingkungan tinggal masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bangka, Siskamling

Sumber : Antara

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top