Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roro Bengkalis-Pakning Dibuka 24 Jam dan Segera Terapkan Tiket Nontunai

Selain meresmikan pelayanan Roro 24 jam, Pemkab Bengkalis juga telah menyiapkan fasilitas layanan tiket non tunai dan realtime yang akan mulai diterapkan Juni 2021, serta penguatan armada angkutan pelayaran.
Bupati Bengkalis Kasmarni (tengah), Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso (ketiga kanan) dan jajaran Pemkab Bengkalis meresmikan operasional Roro 24 jam yang menghubungkan Bengkalis dengan Sungai Pakning. / Istimewa
Bupati Bengkalis Kasmarni (tengah), Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso (ketiga kanan) dan jajaran Pemkab Bengkalis meresmikan operasional Roro 24 jam yang menghubungkan Bengkalis dengan Sungai Pakning. / Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Bengkalis meresmikan layanan penyeberangan Roll on roll off (Roro) selama 24 jam, yang menghubungkan pelabuhan Air Putih Bengkalis dengan pelabuuhan Sungai Selari di Sungai Pakning.

Bupati Bengkalis Kasmarni, bersama Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menghadiri langsung kegiatan soft launching layanan Roro 24j jam tersebut di Pelabuhan roro Air Putih, Bengkalis.

Kasmarni mengatakan peresmian layanan 24 jam ini dilaksanakan setelah dilakukan berbagai upaya seperti uji coba, evaluasi, sosialisasi dan dukungan dari semua pihak.

"Peningkatan pelayanan transportasi antar pulau merupakan bagian yang amat penting dari pembangunan Kabupaten Bengkalis, karena memiliki peran strategis sebagai pendukung pembangunan, juga memiliki fungsi besar dalam menyediakan jasa pelayanan bagi arus pergerakan orang, barang, maupun jasa," ujarnya dalam siaran pers Selasa (13/2/2021).

Menurutnya peningkatan pelayanan penyeberangan roro 24 jam ini menjadi salah satu dari 8 program unggulan, yang harus dilaksanakan guna mencapai visi mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera.

“Transportasi antar pulau ini termasuk salah satu program yang kami tawarkan sebagai janji politik kami dahulu kepada masyarakat, mengingat begitu banyaknya aspirasi dan keluhan yang disampaikan kepada kami, bahkan kami sendiri juga pernah ikut merasakannya,” ujarnya.

Untuk itu sebagai wujud kepedulian serta keinginan dalam memberikan pelayanan transportasi yang andal, prima, terpadu, dan efisien kepada masyarakat, secara bertahap Pemkab Bengkalis akan mengupayakan pelayanan transportasi antar pulau ini dapat berjalan secara optimal dan berdampak positif bagi masyarakat.

"Perlu kami sampaikan, dalam rangka menyukseskan serta mendukung program optimalisasi pelayanan transportasi antar pulau ini, ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan, diantaranya kegiatan pelayanan penyeberangan roro 24 jam yang sebentar lagi akan kami luncurkan, kemudian kegiatan penyediaan fasilitas layanan tiket nontunai dan realtime yang insya Allah akan kami luncurkan sekitar Juni 2021, dan terakhir kegiatan penguatan armada angkutan pelayaran yang saat ini sudah mulai kami gesa pelaksanaannya," ujarnya.

Kasmarni mengatakan pada tahap awal, pelayanan penyeberangan 24 jam di lintasan Air Putih – Sungai Selari, akan menambahkan jadwal keberangkatan regular pada hari Senin s/d hari Kamis dan hari Sabtu, yang semula hanya sampai jam 23.15 wib menjadi jam 00.00 wib.

Selanjutnya, khusus untuk hari Jum’at dan Minggu serta hari-hari besar seperti Idulfitri, Iduladha, Imlek, Natal dan Tahun Baru, angkutan penyeberangan di lintasan Air Putih – Sungai Selari akan dilayani selama 24 jam dengan penambahan sebanyak 2 trip dari jadwal keberangkatan reguler, yang akan dilayani oleh 1 unit kapal yang hari setelahnya akan mendapatkan jadwal off/istirahat.

“Kami akan terus mengevaluasi kinerja perusahaan. Kepada petugas kami ingatkan untuk senantiasa disiplin, berikan pelayanan yang baik, ramah, santun, ada yang datang tebarkan senyum, jangan membuat warga lama mengantre. Apalagi terkait loket pelayanan tiket, petugas harus lebih sabar, dan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti warga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper