Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Mahasiswa Terjerat Pinjol, Ini Upaya OJK di Bengkalis

Untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Kantor OJK Provinsi Riau dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis.
Pegawai mencari informasi tentang pinjaman online (pinjol) di salah satu perkantoran, Jakarta, Senin (14/8/2023)./Bisnis-Himawan L. Nugraha.
Pegawai mencari informasi tentang pinjaman online (pinjol) di salah satu perkantoran, Jakarta, Senin (14/8/2023)./Bisnis-Himawan L. Nugraha.

Bisnis.com, PEKANBARU — Untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Kantor OJK Provinsi Riau dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis melaksanakan edukasi dan literasi tentang Waspada Investasi dan Pinjaman Online Ilegal, serta Digital Banking.

Plt. Kepala OJK Provinsi Riau, Endang Nuryadin, menyatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai investasi yang aman dan waspada terhadap pinjaman online ilegal, serta penguasaan layanan perbankan digital.

"Kegiatan ini merupakan komitmen kami dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di daerah Kabupaten Bengkalis. Edukasi ini difokuskan pada mahasiswa, pelajar, akademisi, dan guru, sebagai langkah strategis dalam meningkatkan pengetahuan keuangan di kalangan masyarakat," ungkapnya, Senin (18/12/2023).

Hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Lembaga Riau Research Center (R2C) mengungkap realitas pahit yang dihadapi oleh mahasiswa di Pekanbaru Riau.

Responden yang dilibatkan sebanyak 974 responden dari mahasiswa dari Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Politeknik Caltex Riau, dan Universitas Islam Riau. Dari 974 responden yang terlibat, 92 persen mengungkapkan bahwa biaya kuliah mereka sepenuhnya ditanggung oleh orang tua atau keluarga. Tak hanya itu, survei menunjukkan bahwa beban hidup di Pekanbaru semakin berat dengan naiknya harga barang.

Sebanyak 52 persen responden menyatakan telah melihat teman akrab terjerumus dalam judi online, sementara 22 persen mengetahui ada yang terjerat pinjaman online

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya yang terlibat dalam dunia pendidikan di Kabupaten Bengkalis, menjadi lebih berhati-hati dan bijaksana dalam mengelola keuangan. Serta dapat membedakan antara peluang investasi yang legal dan ilegal, meningkatkan keamanan serta kenyamanan dalam transaksi digital, yang kini menjadi kebutuhan esensial dalam kehidupan sehari-hari

Ketua STIE Syari’ah Bengkalis Khodijah Ishak, menyampaikan apresiasi kepada OJK Provinsi Riau atas kepercayaan dalam menyelenggarakan kegiatan ini di kampus tersebut. Ishak juga menekankan pentingnya literasi keuangan dalam mendukung fungsi ekonomi dan menggerakkan roda perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper