Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Getah Karet di OKU Mencapai Rp12.100 per Kilogram

Sunandar, petani asal Kecamatan Peninjauan di Baturaja, Sabtu (20/3/2021) mengatakan kenaikan harga karet ini terjadi sejak beberapa pekan terakhir.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2021  |  16:04 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Rachman
Ilustrasi. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BATURAJA - Harga getah karet mingguan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini menembus angka Rp12.100 per kilogram atau naik dari sebelumnya hanya kisaran Rp9.500/Kg.

Kenaikan harga jual getah karet ini disambut bahagia oleh petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) karena dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Menurut Sunandar, petani asal Kecamatan Peninjauan di Baturaja, Sabtu (20/3/2021) mengatakan kenaikan harga karet ini terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya harga karet sempat anjlok bertahan di angka Rp6.000/Kg yang menyulitkan petani sehingga banyak yang beralih menanam komoditas lain seperti tanaman jagung.

"Harga getah karet sempat bertahan lama di Rp6.000/Kg. Kemudian, sekitar sepekan lalu naik mencapai Rp9.500/Kg dan kini harganya naik lagi menembus Rp12.100 per kilogramnya," kata dia.

Hal senada dikatakan Rudi, petani asal Kecamatan Peninjauan secara terpisah mengaku selain karet mingguan, harga getah karet bulanan juga mengalami peningkatan dari Rp12.000/Kg naik menjadi Rp14.000/Kg dan harian di Rp8.000 per kilogram.

Selain harga naik, produksi getah karet yang dihasilkan petani saat ini juga relatif normal karena didukung faktor cuaca.

Untuk hasil panen getah karet jenis unggul dalam setiap hektarnya dapat memproduksi sekitar 40 kg hingga 50 kg.

"Hanya saja, hasil panen karet non-unggul relatif rendah yaitu dalam satu hektar lahan menghasilkan sekitar 20 kilogram getah karet," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga karet sumsel oku

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top