Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anak-anak di Pasir Jambak Diedukasi Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Anak-anak nelayan jarang tersentuh untuk edukasi kesehatan tentang Covid-19.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 23 November 2020  |  11:57 WIB
Sejumlah anak-anak kawasan pantai yang tergabung dalam binaan Rumah Anak Shaleh di Pasir Jambak, Pasie Nan Tigo, Kota Padang, Sumatra Barat, tengah mengikuti edukasi hidup sehat serta edukasi pemanfaatan koran bekas jadi kerajinan dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi FMIPA Unand Padang. - Bisnis/Noli Hendra
Sejumlah anak-anak kawasan pantai yang tergabung dalam binaan Rumah Anak Shaleh di Pasir Jambak, Pasie Nan Tigo, Kota Padang, Sumatra Barat, tengah mengikuti edukasi hidup sehat serta edukasi pemanfaatan koran bekas jadi kerajinan dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi FMIPA Unand Padang. - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Puluhan anak-anak yang dibina di Rumah Anak Shaleh (RAS) yang berada di Pasir Jambak, Pasie Nan Tigo, Kota Padang, Sumatra Barat, mendapat perhatian dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas.

Mereka di edukasi terkait hidup bersih dan sehat dalam kondisi pandemi Covid-19. Selama ini, anak-anak di kawasan pantai bisa dikatakan masih belum tersentuh dengan edukasi secara langsung terkait hidup aman masa pandemi ini.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi Dr. Resti Rahayu mengatakan kegiatan yang dilakukannya kepada anak-anak yang ada di kawasan pesisir pantai Kota Padang itu, mulai dari memberikan pemahaman terkait pentingnya menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Serta melatih mereka untuk mendaur ulang koran bekas menjadi sebuah kerajinan.

"Anak-anak nelayan jarang tersentuh untuk edukasi kesehatan tentang Covid-19. Jadi di kesempatan itu kami dari Unand mengajarkan anak-anak cara mencuci tangan dengan benar, dan memasang masker yang benar, serta tetap jaga jarak" katanya, Senin (23/11/2020).

Dengan adanya kegiatan itu, Ayu berharap bisa membuat mereka lebih peduli kesehatan, tahu mencuci tangan yang benar, serta turut mengedukasi kedua orang tua mereka.

Sementara itu, Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unand Dr. Mairawita, yang turut berada di lokasi turut mengapresiasi program yang dilakukan oleh Yayasan Anak Shaleh 85 tersebut.

Menurutnya kegiatan tersebut juga merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan sebagai agenda rutin tahunan.

Koordinator Lapangan RAS Pasir Jambak Fristina Yeni mengatakan pembinaan anak-anak kawasan pantai itu, sudah dilakukan selama 8 tahun ini. Sehingga dukungan moril dan materil semua pihak sangat diharapkan untuk pengembangan karakter berkelanjutan anak-anak di sepanjang pesisir pantai kota Padang.

"Apalagi saat ini pandemi Covid-19, penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara hidup sehat. Seperti mencuci tangan dan memakai masker dengan benar. Karena mereka adalah generasi masa depan ini," ungkap dia.

Kegiatan dilakukan hingga siang hari dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 atau 3 M.

Di kesempatan itu, Tim Pengabdian Jurusan Biologi kemudian juga memberikan bantuan berupa buku-buku untuk menunjang pengembangan karakter anak-anak dan peralatan kesehatan berupa masker, face shield, peralatan cuci tangan untuk penunjang kesehatan demi kelancaran kegiatan RAS di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini juga turut melibatkan Warung Ikhlas Dunsanak yang sudah sangat familiar di kalangan anak-anak RAS dan masyarakat di sekitar kampung nelayan Pasir Jambak. (k56)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

padang sumbar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top