Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Riau Minta Bantuan Pusat, Bangun Jalan ke Kawasan Industri Dumai

Ruas sepanjang 17 kilometer itu menghubungkan wilayah Jalan Parit Kitang ke Simpang Batang, Lubuk Gaung Kota Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  00:23 WIB
Gubernur Riau Syamsuar saat menjawab pertanyaan wartawan setelah mencanangkan Sensus Penduduk 2020 di Balai Serindit, Pekanbaru, Senin (17/2/2020). - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Gubernur Riau Syamsuar saat menjawab pertanyaan wartawan setelah mencanangkan Sensus Penduduk 2020 di Balai Serindit, Pekanbaru, Senin (17/2/2020). - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA – Pemprov Riau meminta bantuan pemerintah pusat agar dapat membangun jalan sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan wilayah Jalan Parit Kitang ke Simpang Batang, Lubuk Gaung Kota Dumai. Jalan ini dibutuhkan untuk mendorong pengembangan kawasan industri setempat.

Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan sebenarnya pemda provinsi dan pemkot sudah berupaya membangun jalan. Namun, saat ini baru tersedia jalan sepanjang 5 km karena keterbatasan anggaran. Menurutnya, total jalan yang dibutukan sekitar 21 km.

Ruas tersebut, jelasnya, juga sangat sempit dan kecil. Padahal, ruas ini terhubung ke kawasan industri Lubuk Gaung yang dikelola Pemkot Dumai.

"Sampai saat ini di sana rawan terjadi konflik karena jalan yang ada itu menggunakan jalan akses masyarakat di kampung sekitar, jadi kami minta bantuan pemerintah dan dukungan dari Komisi V,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama komisi V DPR RI, Kamis (9/7/2020).

Tak hanya kawasan industri Lubuk Gaung milik pemda, Syamsuar menjelaskan bahwa ada sejumlah kawasan industri lain yang juga saat ini dihuni oleh ratusan perusahaan skala nasional sudah beroperasi di wilayah tersebut.

Namun, jelas dia, pemda memang tidak memiliki kemampuan anggaran untuk pembangunan jalan tersebut. Pemprov Riau berharap perhatian dari pemerintah pusat dan DPR, agar bisa mengalokasikan anggaran pembanngunan jalan di APBN 2021 mendatang.

Sementara itu, Ahmad Syaikhu anggota Komisi V DPR RI menyatakan pihaknya siap mendukung pemprov Riau yang ingin membangun daerah dengan dukunga APBN. Dia berharap pemprov bisa menyiapkan pengajuan yang sinkron dengan rencana pembangunan strategis nasional.

“Kami siap bantu karena Riau ini daerah yang strategis dan berbatas langsung dengan Malaysia, sehingga dengan keunggulan ini kami harapkan bisa mendongkrak pergerakan harga komoditas andalan Riau dan juga kawasan sekitarnya,” ujarnya.

Syaikhu menyebutkan pihaknya di komisi V akan membantu pemda untuk mengajukan rencana pembangunan tersebut kepada Bappenas, agar dapat dianggarkan pada rancangan APBN 2021 mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur riau
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top