Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumbar Akan Sediakan Alat PCR untuk Labkes Provinsi

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat sampai saat ini dilaporkan belum memiliki alat tes polymerase chain reaction (PCR) yang dapat mendiagnosis Covid-19.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  16:59 WIB
Alat tes PCR dari Roche Swiss telah tiba di Indonesia. - Twitter Agus Wibowo
Alat tes PCR dari Roche Swiss telah tiba di Indonesia. - Twitter Agus Wibowo

Bisnis.com, PEKANBARU -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatra Barat sampai saat ini dilaporkan belum memiliki alat tes polymerase chain reaction (PCR) yang dapat mendiagnosis Covid-19. Padahal, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan diperkirakan belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumbar, menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumbar akan segera diberitahu mengenai hal itu supaya dapat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar.

Kendati belum memiliki alat PCR, Nasrul berharap nantinya Labkes yang terletak di Jalan Gajah Mada di Kota Padang ini tidak hanya digunakan untuk memeriksa sampel Covid-19 tetapi juga penyakit lainnya.

"Tidak ada salahnya Labkes Sumbar ini juga disiapkan dalam memeriksa penyakit lainnya, bisa dapat lebih profesional. Mereka punya tenaga yang profesional juga di bidangnya," kata Nasrul lewat keterangan tertulis, Kamis (25/6/2020).

Nasrul melanjutkan bahwa Labkes di Kecamatan Nanggalo tersebut akan menjadi penyangga laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Kepala UPTD Labor Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Yun Efinita menambahkan saat ini SDM di Labkes Sumbar telah memiliki tenaga kerja keilmuan labor spesialis, ahli mikro biologi, dan beberapa dokter lainnya.

"Secara SDM [sumber daya manusia] kami memiliki ahli mikro biologi yang memang sebagai tenaga profesional di labor kesehatan ini. SDM kita mampu melakukan tes swab namun saat ini kita terkendala alat PCR-nya yang belum ada," ujar Yun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar covid-19
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top