Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Evaluasi Festival Danau Toba, Ini Usulan Bupati Toba Samosir

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian menilai perlu ada terobosan dan inovasi baru dalam penyelenggaraan Festival Danau Toba, agar menarik lebih banyak wisatawan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 20 Januari 2020  |  17:40 WIB
Festival Danau Toba - indonesia travel
Festival Danau Toba - indonesia travel

Bisnis.com, MEDAN - Bupati Toba Samosir Darwin Siagian menilai perlu ada terobosan dan inovasi baru dalam penyelenggaraan Festival Danau Toba, agar menarik lebih banyak wisatawan. Kabupaten Toba Samosir merupakan satu dari 7 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

Dikutip dari laman Pemkab Toba Samosir pada Senin (20/1/2020), Darwin tidak sepakat jika Festival Danau Toba ditiadakan. Sebaliknya, perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan FDT.

Evaluasi mencakup model kegiatan yang disuguhkan, serta waktu penyelenggaraan. Menurutnya, pemilihan tanggal pelaksanaan memengaruhi keberlangsungan agenda tahunan itu.

"Pihak event organizer harus lebih kreatif dalam menyelenggarakan agenda wisata ini. Harus ada terobosan dan inovasi baru agar lebih menyerap minat masyarakat dan wisatawan," katanya.

Darwin mengatakan FDT sangat bermanfaat dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba. Selain itu, agenda tahunan ini berpotensi mendatangkan turis untuk berkunjung tempat wisata di kawasan tersebut.

Sebelumnya, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menyampaikan pihaknya terus melakukan diskusi dengan pemerintah terkait penyelenggaraan Festival Danau Toba. Pemerintah tengah mempertimbangkan penyelenggaraan Festival Danau Toba untuk digelar dua tahun sekali.

"Kami pertimbangkan [FDT] diadakan 2 tahun sekali. Namun, bukan berarti tahun ini tidak ada event apapun. Kami telah menyiapkan 30 event tahun ini, ada sport event bertingkat internasional yang akan menarik kunjungan," katanya kepada Bisnis, pekan lalu.

Tahun ini, kata Arie, BPODT telah menyiapkan 30 agenda pariwisata guna menarik lebih banyak wisatawan. Agenda wisata yang telah disiapkan mencakup 7 event internasional, 10 event nasional, dan 13 event lokal.

Selain kegiatan Samosir Music International yang menjadi agenda tahunan, BPODT sedang melakukan finalisasi rencana kerja sama penyelenggaraan event balap sepeda internasional, Grand Fondo New York (GFNY).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

festival danau toba toba samosir
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top