Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Dana Kredit 'Nganggur' Hingga Rp48,85 Triliun di Sumut

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Utara (Sumut) mencatat, nilai undisbursed loan atau kredit nganggur di perbankan Sumut periode Juli 2019 membengkak jadi Rp48,85 triliun dibandingkan periode tahun lalu.
Duit/Bisnis-Abdullah Azzam
Duit/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN—Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Utara (Sumut) mencatat, nilai undisbursed loan atau kredit nganggur di perbankan Sumut periode Juli 2019 membengkak jadi Rp48,85 triliun dibandingkan periode tahun lalu.

Dari total kredit, kredit yang sudah committed senilai Rp11,44 triliun dan yang uncommitted Rp37,41 triliun. Kredit committed adalah komitmen kredit yang tidak bisa dibatalkan oleh bank, dan dananya sudah disiapkan bank. Sebaliknya, kredit uncommitted dapat dibatalkan bank apabila kondisi debitur tidak memenuhi persyaratan.

Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, pada Juli 2019, total kredit yang disalurkan perbankan di Sumut tercatat Rp 217,3 triliun. Angka tersebut menunjukkan jumlah kredit yang masih nganggur di perbankan ada sekitar 22,48% dari keseluruhan kredit.

"Jumlah yang cukup besar ini lebih karena pengusaha belum membutuhkan dana tersebut untuk modal usahanya. Tentu dengan alasan yang beragam tapi salah satunya mungkin karena geliat ekonomi yang dirasa tidak sesuai ekspektasi," katanya, dikutip Rabu (21/8/2019).

Wiwiek menjelaskan undisbursed loan ini biasanya memang digunakan secara bertahap sehingga pencairannya sangat erat hubungannya dengan kondisi perekonomian domestik maupun global.

Berdasarkan data BI Perwakilan Sumut, kredit nganggur berdasarkan lokasi proyek untuk 9 sektor yakni pertanian, industri pengolahan, pertambangan, listrik, gas dan air (LGA), konstruksi, perdagangan besar dan eceran, transportasi, perantara keuangan dan jasa perusahaan.

Nilai terbesar kredit nggangur ada di sektor industri pengolahan senilai Rp 20,92 triliun.

Dari nilai tersebut, kredit yang sudah committed senilai Rp 4,41 triliun dan yang uncommitted Rp 16,51 triliun. Kemudian sektor perdagangan besar dan eceran senilai Rp 12,77 triliun, dimana kredit yang sudah committed senilai Rp 3,61 triliun dan yang uncommitted Rp 9,15 triliun.

Sektor ketiga terbesar yakni pertanian senilai Rp 8,98 triliun, dimana kredit yang sudah committed senilai Rp 1,51 triliun dan yang uncommitted Rp 7,47 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper