Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karhutla Meluas di Aceh Barat

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Aceh Barat akibat musim kemarau sepanjang Kamis (4/7) meluas di tiga kecamatan di wilayah itu, meliputi Kecamatan Johan Pahlawan, Samatiga dan Woyla Barat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEULABOH--Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Aceh Barat akibat musim kemarau sepanjang Kamis (4/7) meluas di tiga kecamatan di wilayah itu, meliputi Kecamatan Johan Pahlawan, Samatiga dan Woyla Barat.

"Hingga Kamis petang petugas masih terus berupaya memadamkan api, agar kebakaran tidak semakin meluas," kata anggota Pusdalops BPBD Aceh Barat, Asrajuddin kepada Antara di Meulaboh, Kamis.

Ada pun sebaran lokasi kebakaran lahan di daerah ini tersebar di tiga titik diantara di kawasan Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh seluas 1,5 hektare, kemudian di Desa Suak Panteu Breuh, Kecamatan Samatiga seluas satu hektare.

Sedangkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat belum diketahui secara pasti luasnya.

Akan tetapi, pihaknya bersama TNI, Polri, Tagana, relawan RAPI dan masyarakat terus berusaha memadamkan api menggunakan mesin pompa air armada pemadam kebakaran milik Pemkab Aceh Barat, tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran karena terbatasnya akses badan jalan.

Pihaknya menduga, penyebab kebakaran lahan tersebut akibat musim kemarau yang melanda daerah itu sejak satu bulan terakhir.

"Sejauh ini belum ada indikasi lahan yang terbakar ini akibat pembukaan lahan," katanya.

Sementara itu, Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto kepada Antara mengatakan pihaknya telah menurunkan sejumlah prajurit TNI guna membantu memadamkan api di sejumlah lokasi titik kebakaran.

Pihaknya berharap musibah kebakaran lahan yang melanda sejumlah daerah di tiga kecamatan di Aceh Barat dapat segera berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper