Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Avtur di Sumut Bakal Lesu Selama Musim Mudik 2019

Konsumsi avtur pada musim mudik Lebaran 2019 diperkirakan lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu,
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  11:51 WIB
Truk pengangkut avtur bersiap melakukan pengisian bahan bakar pada salah satu pesawat di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2017). - Antara/Aditya Pradana Putra
Truk pengangkut avtur bersiap melakukan pengisian bahan bakar pada salah satu pesawat di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2017). - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MEDAN -- Konsumsi avtur di Sumatra Utara diperkirakan bakal lesu selama musim mudik Lebaran 2019, akibat menurunnya frekuensi penerbangan. 
 
Manager Komunikasi dan CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I M. Roby Hervindo mengatakan konsumsi avtur pada periode mudik kali ini bakal naik 5 persen pada H-4 hingga H-2 Idulfitri, sedangkan pada H+2 hingga H+3 Idulfitri diproyeksi meningkat 7 persen. Kendati ada pertumbuhan, volumenya diperkirakan lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu karena frekuensi penerbangan mengalami penurunan.
 
"Kami melihat lebih kepada berkurangnya frekuensi penerbangan, sehingga meski ada kenaikan konsumsi avtur saat arus mudik dan arus balik, tapi masih di bawah konsumsi tahun lalu," paparnya, Selasa (7/5/2019).
 
Roby menyebutkan konsumsi avtur periode Januari-Mei 2019 turun 21 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018. Oleh karena itu, kenaikan konsumsi avtur pada periode mudik Lebaran tahun ini belum bisa mengompensasi penurunan konsumsi avtur pada lima bulan pertama 2019. 
 
"Namun, secara keseluruhan, konsumsi avtur Januari-Mei 2019 turun 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," katanya. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut avtur
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top