Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Silangit Sepi Kunjungan Wisatawan Asing

Badan Pusat Statistik Sumatra Utara mencatat sepinya kunjungan wisatawan mancanegara ke Bandara Silangit yang merupakan akses udara ke destinasi wisata Danau Toba pada periode Maret 2019.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  09:58 WIB
Penumpang bersiap naik ke pesawat dengan latar belakang proyek pembangunan perluasan Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII (sebelumnya bernama Silangit), di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (19/3/2019). - ANTARA/Irsan Mulyadi
Penumpang bersiap naik ke pesawat dengan latar belakang proyek pembangunan perluasan Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII (sebelumnya bernama Silangit), di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (19/3/2019). - ANTARA/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA-- Badan Pusat Statistik Sumatra Utara mencatat sepinya kunjungan wisatawan mancanegara ke Bandara Silangit yang merupakan akses udara ke destinasi wisata Danau Toba pada periode Maret 2019.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Utara Syekh Suhaimi mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman di periode ini turun 24,96 persen bila dibandingkan dengan kunjungan pada Februari yakni dari 23.342 kunjungan menjadi 17.516 kunjungan.

Perinciannya, Bandara Kualanamu menerima 21.693 kunjungan; Pelabuhan Tanjungbalai Asahan 342 kunjungan dan Pelabuhan Belawan 20 orang. Sementara itu, tak ada satupun wisman yang tercatat menggunakan Bandara Silangit.

“Enggak ada wisatawan mancanegara yang masuk ke Silangit,” ujarnya, Kamis (2/5/2019).

Sama seperti periode sebelumnya, wisman asal Malaysia mendominasi dengan jumlah 12.972 kunjungan. Kemudian, disusul wisman asal Singapura 1.975 kunjungan, wisman asal China 676 kunjungan, wisman asal Jerman 440 kunjungan dan wisman asal Amerika Serikat 428 kunjungan. 

Adapun, dari sisi tingkat penghunian kamar naik menjadi 54,44 persen dibandingkan dengan periode Februari yakni  45,31 persen. Di periode Februari, tingkat penghunian kamar pada periode Maret tertinggi berasal dari kamar bintang 4 yakni dengan 67,92 persen.

“Tingkat penghunian kamar periode Maret cukup lumayan dengan 54,44 persen” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut sumut wisman silangit Bandara silangit
Editor : Rahayuningsih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top