BMKG Catat 5 Kali Gempa di Atas 5 SR Guncang Mentawai

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat setidaknya lima kali gempa berkekuatan atau dengan magnitudo di atas 5.0 skala richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat sepanjang Sabtu (2/2/2019) sore.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 02 Februari 2019  |  23:35 WIB
BMKG Catat 5 Kali Gempa di Atas 5 SR Guncang Mentawai
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat setidaknya lima kali gempa berkekuatan atau dengan magnitudo di atas 5.0 skala richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat sepanjang Sabtu (2/2/2019) sore.

Selain itu, terjadi puluhan gempa tektonik di wilayah barat Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan di kabupaten tersebut dengan magnitudo lebih rendah.

Gempa pertama terjadi pada pukul 16.03 WIB dengan kekuatan 5,3 SR di 106 km tenggara Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang kuat dirasakan masyarakat hingga ke Padang, ibukota Sumbar itu terjadi pukul 16,27 WIB dengan magnitudo 6.0 SR berada pada jarak 117 km arah tenggara Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 17 km.

Kemudian, pada pukul 16.58 WIB gempa dengan kekuatan 5,2 SR berada sejauh 105 km tenggara Mentawai dengan kedalaman 24 km.

Gempa kembali terjadi pukul 17.59 WIB dengan kekuatan 6.0 SR pada jarak 121 km arah tenggara dan kedalaman 18 km.

Terakhir pada 20.10 WIB gempa dengan kekuatan 5.0 SR terjadi di 109 km arah tenggara Mentawai dengan kedalaman 20 km.

BMKG memastikan tidak ada potensi tsunami dari gempa yang terjadi di Mentawai itu. Namun, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan di Pagai Utara maupun Pagai Selatan yang menjadi pusat gempa.

Gempa tersebut dirasakan cukup keras oleh masyarakat Kota Padang. Di pusat perbelanjaan SPR Plaza misalnya, para pengunjung berhamburan keluar gedung, karena merasakan getaran gempa yang cukup kuat.

Begitu juga dengan kios – kios pedagang di sepanjang Pasar Raya Padang. Orang-orang berhamburan keluar saat terjadinya gempa.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa, mentawai

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top