Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 8 Daerah di Sumbar Terima Adipura

Sebanyak delapan daerah kabupaten dan kota di Sumatra Barat mendapatkan penghargaan adipura dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta tiga pemda menerima Anugerah Nirwasita Tantra.
Piala Adipura/Antara
Piala Adipura/Antara


Bisnis.com, PADANG—Sebanyak delapan daerah kabupaten dan kota di Sumatra Barat mendapatkan penghargaan adipura dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta tiga pemda menerima Anugerah Nirwasita Tantra.

Delapan daerah yang mendapatkan Adipura tersebut adalah Kota Padang untuk kategori kota besar, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh untuk kategori kota sedang, Kota Padang Panjang, Solok, dan Sawahlunto untuk kategori kota kecil.

Kemudian, dua kota di kabupaten yaitu Kota Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar) dan Kota Painan (Kabupaten Pesisir Selatan) masuk kategori kota kecil.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga menerima Anugerah Nirwasita Tantra, bersama pemda Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, pada Senin (14/1/2019).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan penghargaan itu didapat karena komitmen kepemimpinan dan pemahaman terhadap isu-isu lingkungan, dan dalam merespon persoalan lingkungan hidup.

“Untuk DPRD, karena adanya penyusunan peraturan daerah (perda) masyarakat adat, pengelolaan sampah, dan tanah objek reforma agraria (TORA). Juga karena respons DPRD dalam mengawasi anggaran dan memberi dukungan politik dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam,” kata Irwan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten dan kota membangun secara partisipatif.

“Juga mewujudkan sustainable city [kota berkelanjutan], yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, sosial dan ekologis dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Rosa Vivien, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) KLHKmenyampaikan, melalui program adipura, pemerintah kota dan kabupaten diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100% pada tahun 2025.

Di awal tahun 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memberikan anugerah adipura kepada 119 kabupaten/kota se Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper