Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sebanyak 8 Daerah di Sumbar Terima Adipura

Sebanyak delapan daerah kabupaten dan kota di Sumatra Barat mendapatkan penghargaan adipura dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta tiga pemda menerima Anugerah Nirwasita Tantra.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 15 Januari 2019  |  12:57 WIB
Sebanyak 8 Daerah di Sumbar Terima Adipura
Piala Adipura - Antara
Bagikan


Bisnis.com, PADANG—Sebanyak delapan daerah kabupaten dan kota di Sumatra Barat mendapatkan penghargaan adipura dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta tiga pemda menerima Anugerah Nirwasita Tantra.

Delapan daerah yang mendapatkan Adipura tersebut adalah Kota Padang untuk kategori kota besar, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh untuk kategori kota sedang, Kota Padang Panjang, Solok, dan Sawahlunto untuk kategori kota kecil.

Kemudian, dua kota di kabupaten yaitu Kota Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar) dan Kota Painan (Kabupaten Pesisir Selatan) masuk kategori kota kecil.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga menerima Anugerah Nirwasita Tantra, bersama pemda Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, pada Senin (14/1/2019).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan penghargaan itu didapat karena komitmen kepemimpinan dan pemahaman terhadap isu-isu lingkungan, dan dalam merespon persoalan lingkungan hidup.

“Untuk DPRD, karena adanya penyusunan peraturan daerah (perda) masyarakat adat, pengelolaan sampah, dan tanah objek reforma agraria (TORA). Juga karena respons DPRD dalam mengawasi anggaran dan memberi dukungan politik dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam,” kata Irwan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten dan kota membangun secara partisipatif.

“Juga mewujudkan sustainable city [kota berkelanjutan], yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, sosial dan ekologis dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Rosa Vivien, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) KLHKmenyampaikan, melalui program adipura, pemerintah kota dan kabupaten diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100% pada tahun 2025.

Di awal tahun 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memberikan anugerah adipura kepada 119 kabupaten/kota se Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar adipura
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top