Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tertarik dengan Kemampuan Pesawat, Pemerintah Aceh akan Kembangkan N219

Pemerintah Provinsi Aceh berencana membangun fasilitas perakitan pesawat terbang jenis N219 produksi PT Dirgantara Indonesia karena tertarik dengan kemampuan pesawat tersebut.
Pesawat 219/youtube
Pesawat 219/youtube

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Aceh berencana membangun fasilitas perakitan pesawat terbang jenis N219 produksi PT Dirgantara Indonesia karena tertarik dengan kemampuan pesawat tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Aceh akan menyediakan lahan untuk keperluan berdirinya fasilitas kedirgantaraan itu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin mengatakan bahwa rencana tersebut telah dibahas dalam pertemuan antara Pemerintah Aceh dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), di Bandung pada 19 Desember 2017.

Dalam kesempatan itu ditandatangani kesepakatan untuk melakukan kerjasama strategis antara Pemerintah Aceh dan PT Dirgantara Indonesia.

Mulyadi Nurdin menjelaskan, Pemerintah Aceh berencana mengembangkan fasilitas dirgantara dan antariksa, a.l. Aero City dengan fasilitasnya, termasuk kawasan industri dan MRO (Maintenance Repair Overhaul).

“Pemerintah Aceh akan membangun tiga Kawasan Ekonomi Khusus yang akan didukung oleh transportasi yang terintegrasi," katanya dalam siaran pers, Selasa (26/12/2017).

Merespon rencana tersebut, PTDI pun berkomitmen mengajukan proposal pembangunan fasilitas final assembly lines N219, termasuk program pengembangan SDM putra daerah Aceh dalam bidang industri kedirgantaraan. Proposal tersebut akan disampaikan kepada pemerintah Aceh pada akhir Januari 2018 mendatang.

PTDI juga akan mempelajari kemungkinan pendirian fasilitas ISH (Indonesia Service Hub) di Aceh untuk menangkap costumer dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Adapun N219 merupakan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang  yang digerakkan dengan dua mesin turboprop produksi pratt and whitney aircraft of Canada Limited PT6A-42 yang masing-masing bertenaga 850 SHP.

Pesawat ini mampu terbang dan mendarat di landasan pendek sehingga mudah beroperasi di daerah-daerah terpencil. PTDI sukses melakukan uji terbang perdana pesawat N219 pada 16 Agustus 2017.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper