Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

STOK SAPI, Pedagang di Bandarlampung Klaim Persediaan Aman

Sejumlah pedagang menyebutkan stok daging dan jumlah ternak sapi di Provinsi Lampung masih cukup banyak, namun harga eceran daging sapi tetap bertahan tinggi sebesar Rp100 ribu perkilogram.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG—Sejumlah pedagang menyebutkan stok daging dan jumlah ternak sapi di Provinsi Lampung masih cukup banyak, namun harga eceran daging sapi tetap bertahan tinggi sebesar Rp100 ribu perkilogram.

"Stok banyak, pasokan lancar dan harga daging segar masih bertahan seperti pekan lalu," kata Andre, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Lelang Bandarlampung, Kamis (22/3/2018).

Ia menyebutkan harga daging segar tetap bertahan Rp100 ribu perkilogramnya, dan permintaan atas daging juga relatif bertahan.

Menurut dia, harga daging segar sulit mencapai Rp80 ribu/kg jika pasokannya tetap mengandalkan daging sapi lokal dan daging sapi impor hasil penggemukan.

"Harga daging sapi sekarang berkisar Rp100 ribu perkilogram seperti bulan lalu," katanya.

Menurutnya, pasokan daging sapi di Kota Bandarlampung tetap lancar karena stok sapi di wilayah Provinsi Lampung cukup banyak.

Dia menyebutkan harga sapi impor hasil penggemukan tetap bertahan Rp43.700 sampai dengan Rp44.600/kg. Pedagang lainnya, seperti di Pasar Sukarame, juga menyebutkan harga daging sapi masih bertahan tinggi atau berkisar Rp100 ribu/kg.

Di Lampung terdapat 11 feedloter atau usaha penggemukan sapi dengan kapasitas kandang 117.700 ekor. Sapi impor yang digemukkan di Lampung didatangkan dari Australia melalui Pelabuhan Panjang, Bandarlampung.

Provinsi Lampung bersama Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat saat ini tercatat sebagai lumbung ternak nasional.

Sementara itu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mengingatkan kapada warga, khususnya peternak sapi, agar berhati-hati dalam membeli sapi yang ditawarkan dengan harga murah guna menghindari penyakit jembrana atau ramadewa.

"Dinas TPHP menyampaikan ada beberapa daerah yang terjangkit penyakit jembrana atau ramadewa kepada sapi. Dengan begitu harus lebih berhati-hati saat membeli sapi dari penjual," kata Kabid Perternakan TPHP Waykanan, Joko Purwo.

Menurutnya, informasi tersebut telah disebarluaskan ke seluruh blantik atau perternakan di Kabupaten Waykanan, mengimbau agar tidak membeli sapi dengan harga murah dari wilayah Sumatra Selatan, Bengkulu dan Kabupaten Mesuji Lampung karena daerah tersebut telah endemi penyakit jembrana atau ramadewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper