BNI Padang dan Kemenag Salurkan Rp5,6 Miliar Bantuan Madrasah

Oleh: Arif Gunawan 29 Oktober 2018 | 18:40 WIB
BNI Padang dan Kemenag Salurkan Rp5,6 Miliar Bantuan Madrasah
Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Agama Republik Indonesia menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah melalui produk tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Untuk wilayah Riau, tingkat MTs senilai Rp3,8 miliar dan MA senilai Rp1,8 miliar.

Head of Network & Services BNI Wilayah Padang Area Sumbar, Riau, Kepri dan Kerinci Iwan Affandi dalam keterangan resminya mengatakan penyerahan KIP dan bantuan PIP itu bersamaan dengan kegiatan peresmian Penegerian Madrasah oleh Kementerian Agama se-Indonesia yang dipusatkan di  MAN 3 Pekanbaru dan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
 
"BNI berkomitmen untuk selalu peduli dan menyukseskan pelaksanaan dan penyaluran bantuan Program Pemerintah. Saat ini, jumlah pemegang rekening BNI Simpanan Pelajar sampai 21 Oktober 2018 sudah mencapai lebih dari 565.265 rekening, atau tumbuh lebih dari 80% dibanding posisi 31 Desember 2017," katanya Senin (29/10/2018).
 
Iwan menjelaskan sejumlah rekening ini dibuka dengan jalinan kerjasama dengan kurang lebih 1.400 sekolah dari Madrasah Tsanawiyah (MTS) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia dengan dukungan penuh dari dinas Kementrian Agama yang ada di setiap ibukota propinsi. Khusus untuk Wilayah Padang jumlah rekening BNI Simpel mencapai 10.685 rekening.
 
Untuk PIP Madrasah 2018, jumlah dana yang akan disalurkan melalui BNI mencapai Rp288 miliar lebih yang disalurkan pada sekitar 700.000 siswa melalui rekening Simpanan Pelajar yang dibukakan di Kantor Cabang BNI di seluruh Indonesia. 
 
Untuk Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) Provinsi Riau dana yang disalurkan berjumlah Rp3,8 miliar bagi 10.309 siswa yang tersebar meliputi 10 kabupaten dan 2 kota. 
 
Untuk Tingkat Madrasah Aliyah (MA)  Provinsi Riau dana yang disalurkan berjumlah Rp1,8 miliar bagi 3.793 siswa yang tersebar meliputi 10 kabupaten dan 2 kota. Sementara khusus di Pekanbaru sendiri, dana yang disalurkan berjumlah Rp35 juta untuk 70 siswa.
 
Penyerahan Bantuan dilakukan secara simbolis kepada 2 orang penerima dana bantuan PIP sekaligus KIP-nya yang penyerahannya langsung dilakukan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim dan HNS BNI Wilayah Padang Iwan Affandi. 
 
“Diharapkan dengan sistem penyaluran bantuan seperti ini dapat memberikan edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Budaya ini didorong dengan fitur produk yang digunakan yakni BNI Simpel atau Simpel IB (Simpanan Pelajar)," kata Iwan.
 
Layanan ini sangat memudahkan siswa dalam menabung seperti setoran selanjutnya yang sangat ringan serta tidak dikenakan biaya administrasi rekening bulanan maupun biaya penggantian buku tabungan. 
 
Kemudahan lainnya adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh para siswa melalui ribuan Cabang BNI dan ATM serta kemudahan bertransaksi di Agen46 BNI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya