Garuda Bermaksud Terbangi Padang–Batam

Oleh: Heri Faisal 02 September 2018 | 21:15 WIB
Garuda Bermaksud Terbangi Padang–Batam
Pesawat Garuda Indonesia./Reuters-Beawiharta
Bisnis.com, PADANG—Manajemen Garuda Indonesia berencana menerbangi rute Padang–Batam untuk meningkatkan konektivitas dua daerah, sekaligus mendorong pengembangan pariwisata daerah itu.
Direktur Pelayanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mengatakan pengembangan rute – rute domestik akan terus dilakukan untuk meningkatkan konektivitas daerah dan mendorong pertumbuhan pariwisata di berbagai daerah.
“Pembukaan rute – rute baru domestik adalah langkah strategis perseroan untuk memperluas pasar,” katanya di Padang, Jumat (31/8/2018).
Salah satu rute baru yang dibidik itu adalah penerbangan Padang – Batam yang dinilai akan memberikan dampak signifikan bagi pengembangan pariwisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
Dia mengatakan untuk menerbangi rute Padang – Batam, manajemen tengah dilakukan persiapan dan ditargetkan dalam waktu dekat, jalur yang menghubungkan provinsi Sumatra Barat dengan Kepulauan Riau itu terlaksana.
Saat ini, penerbangan dari Sumbar ke Kepri yakni untuk Padang – Batam dijalankan oleh maskapai Lion Air dan Citilink Indonesia, sedangkan Padang – Tanjung Pinang dijalankan oleh maskapai Express Air.
Sebelumnya, perusahaan plat merah itu baru saja meresmikan penerbangan Padang – Palembang yang akan beroperasi sebanyak empat kali dalam satu pekan.
Penerbangan di rute itu dilayani dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang, sehingga diyakini lebih efisien.
Adapun, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meyakini dengan semakin banyaknya penerbangan langsung dari Sumbar ke sejumlah kota di Tanah Air dan sebaliknya, akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.
“Sumbar ini fokusnya adalah pariwisata. Dengan tersedianya akses penerbangan dari berbagai kota tentu akan memudahkan wisatawan datang ke Sumbar,” katanya.
Dia mengatakan pemerintah setempat memprioritaskan pengembangan ekonomi daerah dengan memaksimalkan potensi wisata yang dimilikinya. Apalagi, Sumbar sudah dikenal sebagai salah satu tujuan destinasi halal di Indonesia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya