Jelang Iduladha, Harga Cabai Merah di Padang Stabil

Oleh: Heri Faisal 21 Agustus 2018 | 10:41 WIB
Jelang Iduladha, Harga Cabai Merah di Padang Stabil
/Bisnis

Bisnis.com, PADANG—Jelang hari raya Idul Adha, harga cabai merah di sejumlah pasar di Kota Padang, Sumatra Barat cukup stabil, sehingga diyakini tidak akan mengerek laju inflasi.

Di Pasar Raya Padang yang menjadi sentra ekonomi masyarakat setempat, harga cabai merah yang selama ini selalu naik saat memasuki Lebaran, kini dijual jauh lebih stabil.

Pantauan Bisnis.com, harga cabai merah dijual di kisaran Rp23.000 hingga Rp25.000 per kilogram. Begitu juga dengan kebutuhan pokok lainnya yang kerap melambung seperti bawang merah, kini dijual di kisaran harga Rp16.000 hingga Rp18.000 per kilogram.

Ridwan (40) salah pedagang kebutuhan pokok menyebutkan harga – harga saat ini jauh lebih stabil dan bahkan cenderung turun saat memasuki Lebaran.
“Ya, stabil, bahkan malah turun. Bulan lalu cabai merah masih ada dijual Rp28.000 per kilo,” katanya, Senin (20/8/2018).

Selain harga yang stabil, dia menuturkan permintaan dari masyarakat juga terbilang tidak meningkat, sementara pasokan komoditi mencukupi.

Menurutnya, saat ini pasokan dari agen tersedia dan mencukupi, sehingga kecil kemungkinan harga cabai akan naik dalam waktu dekat.

Pemerintah daerah mengharapkan stabilitas harga kebutuhan pokok selama Lebaran Idul Adha akan menjaga laju inflasi Sumbar yang lebih terkendali.

“Kita ingin inflasi ini rendah dan terkendali. Jadi petani sebagai penghasil komoditas diuntungkan, masyarakat yang membeli juga tidak merasa diberatkan, jadi sama-sama untung,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Adapun, inflasi Sumbar tahun ini ditargetkan lebih stabil atau hanya di kisaran 3,5% plus minus 1%. 

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya